Buang Racun Gorengan dengan Ramuan Chia Seed, Madu dan Jeniper
berita

05 June 2020 17:35
Watyutink.com - Siapa yang tidak suka makan gorengan. Rasanya tidak ada yang tidak suka pada makanan ringan atau camilan ini. Apalagi jika disajikan saat masih hangat. 

Meski sebagian orang menganggap gorengan adalah makanan tidak sehat tapi tetap saja makanan ini disantap. Banyak yang tidak tahan melihat dan mencium aromanya yang lezat. 

Itulah sebabnya penting bagi pecinta gorengan selalu menjaga kondisi tubuh. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan. Hal ini untuk menghindari efek buruk kebiasaan mengonsumsi gorengan. Sebaiknya biasakan mengonsumsi makanan atau minuman yang mampu 'mengusir' racun atau zat berbahaya yang terbawa saat memakan gorengan. 

Tahukah Anda, bagaimana cara membuang racun yang dibawa gorengan? 

Gorengan sejatinya adalah makanan yang sangat enak dinikmati. Namun kesalahan saat mengolah atau memasak membuatnya menjadi makanan berbahaya. Umumnya gorengan yang banyak dijual di warung atau pinggir jalan dimasak menggunakan minyak goreng dengan kualitas yang tidak baik.

Kondisi ini diperparah dengan pedagang gorengan yang kerap menggunakan minyak goreng berulang kali. Bahkan tak jarang minyak goreng berubah menjadi hitam lantaran digunakan berulang-ulang kali. 

Akibatnya, residu dari minyak goreng masuk dalam tubuh saat kita menyantap gorengan. Hal ini dipastikan membawa akibat buruk bagi kesehatan. Pasalnya residu dalam tubuh, terlebih jika menumpuk, akan memicu pembentukan radikal bebas yang menjadi  penyebab beberapa penyakit kronis, termasuk kanker. 

Selain itu gorengan dibuat menggunakan tepun dan berbagai bumbu. Hal ini akan semakin membuat gorengan tidak sehat.  Pasalnya tepung akan menyerap banyak minyak. Kandungan tepung yang terlalu banyak juga akan berubah menjadi lemak dalam tubuh. Kombinasi antara minyak dan lemak itulah yang bisa menjadi 'racun' bagi tubuh.

Proses penggorengan akan mengubah struktur kimia lemak menjadi bahan yang sulit dicerna. Hal inilah yang bisa memicu risiko penyakit kronis, seperti jantung, kanker, diabetes dan obesitas.

Itulah sebabnya, pecinta gorengan harus mampu 'mengendalikan diri.' Terutama menjaga agar tidak terlalu banyak melahap gorengan. Selain itu penggemar gorengan harus rutin melakukan detaoksifikasi atau membuang racun dari dalam tubuh. 

Salah satu caranya dengan meminum ramuan detox gorengan. Untuk membuatnya tidak sulit. Siapkan bahan-bahan berupa, satu sendok makan chia seed, madu secukupnya dan jeruk nipis peras atau jeniper. 

Masukkan chia seed dalam segelas air biasa atau air hangat. Biarkan sampai chia seed mengembang. Lalu tambahkan madu. Jika ingin mendapatkan rasa segar, bisa ditambahkan jeruk nipis peras. 

Minum ramuan tersebut setiap pagi sebelum sarapan. Perlu diingat sebaiknya beri jeda waktu antara minum ramuan detox gorengan dengan sarapan. Hindari langsung sarapan setelah meminumnya. Hal ini agar proses detoksifikasi bisa berjalan dengan baik. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF