Buah Srikaya, Unik Bentuknya Besar Manfaatnya, Cegah Kanker, Diabetes, dan Serangan Jantung
berita
Buah Srikaya
29 August 2020 17:40
Watyutink.com - Indonesia sudah lama dikenal sebagai penghasil aneka jenis buah-buahan. Meski bukan asli Nusantara, banyak buah asal mancanegara yang justru tumbuh subur dan dibudidayakan di Indonesia. Salah satunya adalah srikaya. 

Buah unik ini sangat mudah dikenali lantaran bentuknya yang khas. Selain itu rasanya yang manis asam dan segar membuatnya banyak digemari orang. 

Ternyata srikaya tidak hanya enak dimakan, tapi juga sehat. Pasalnya buah yang berasal dari Amerika Selatan ini kaya akan nutrisi dan zat yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. 

Tahuah Anda, apa saja manfaat srikaya bagi kesehatan?

Buah srikaya mempunyai nama latin Anona Squamosa diketahui mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, serat, potasium, thiamin, riboflavin, magnesium, niacin, tembaga, dan folat. Beragam nutrisi tersebut membuat srikaya kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya penyakit diabetes. Kandungan serat dalam buah srikaya diyakini dapat mengontrol kadar gula darah.

Srikaya juga dapat melindungi tubuh dari penyakit kanker. Kandungan senyawa alkaloid dan flavonoid dalam srikaya diyakini dapat menghambat pertumbuhan penyakit kanker. Itulah sebabnya buah ini mempunyai kegunaan besar dalam mencegah berkembangnya sel kanker.

Senyawa flavonoid yang dimiliki buah srikaya mampu menghambat terjadinya apoptosis atau kematian sel yang memicu terjadinya melanoma atau kanker kulit. Srikaya juga mengandung senyawa benzil tetrahidroisokuinolon yang memiliki sifat sebagai antitumor.

Sedangkan kandungan kalium dan magnesium dalam srikaya sangat baik untuk  menjaga kesehatan jantung. Selain itu srikaya juga kaya akan kandungan antioksidan dan vitamin C yang ampuh melawan radikal bebas, pemicu beragam penyakit kronis.

Sementara kandungan vitamin A dalam srikaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, rambut, dan kulit.  

Untuk bisa mendapatkan manfaat buah srikaya, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau membuatnya menjadi jus. Bisa juga dengan mengolahnya menjadi selai, sirup, atau makanan olahan lainnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF