Buah Nangka, Selain Rasanya Manis dan Enak Juga Mempunyai Beragam Manfaat Kesehatan
berita
Buah Nangka
11 July 2020 08:00
Watyutink.com - Anda pasti tahu buah nangka. Buah berwarna kuning dan mempunyai getah yang lengket ini sangat nikmat tidak saja dimakan langsung tapi juga dijadikan isi es campur atau es teler. 

Tahukah Anda buah berasa manis ini bukan saja enak dimakan tapi juga sehat. 

Kandungan potasium yang tinggi dalam buah nangka dapat menyeimbangkan sodium atau elektrolit yang berfungsi mengatur kadar air dalam tubuh. Kondisi seperti ini dipercaya dapat menyehatkan jantung.

Buah nangka memiliki cadangan vitamin C yang bisa mencegah pilek dan infeksi ringan apa pun. Antioksidannya membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dengan baik.

Selain itu kandungan antioksidan dalam buah nangka mampu mengeliminasi racun  dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga buah nangka dapat mencegah munculnya penyakit kanker.

Manfaat lainnya adalah menyehatkan pencernaan. Pasalnya buah nangka mengandung dua jenis serat, yaitu serat larut dan tak larut. Serat larut mudah dicerna tubuh sehingga menghasilkan energi. Sedangkan serat tak larut membantu usus dalam proses pencernaan.

Selain itu buah nangka memiliki jumlah niasin dan tiamin yang lebih tinggi dibandingkan pisang dan mangga. Ini bisa bermanfaat sebagai makanan energi untuk atlet, dan konsumsinya mencegah kelemahan otot, kelelahan fisik dan mental, stres karena nutrisi yang diberikan sangat penting untuk sel-sel saraf dan serat otot.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila