Buah Menteng, Bulat Asam Menyegarkan, Serta Bisa Cegah Anemia, Sehatkan Mata, Tulang, dan Jantung
berita
Buah Menteng
21 October 2020 08:00
Watyutink.com – Jika mendengar kata “menteng” kita pasti langsung tertuju pada wilayah perumahan elite di Jakarta Pusat. Menteng memang lekat dengan kawasan yang menjadi tempat tinggal sejumlah pejabat negara ini. Padahal sebenarnya menteng adalah nama tumbuhan. Konon dulunya di kawasan tersebut banyak tumbuh pohon menteng.

Namun saat ini pohon menteng sudah nyaris tidak bisa ditemui. Bahkan kini banyak orang yang tidak mengetahui bentuk dan rasa buah menteng. Padahal buah yang bentuknya mirip dengan duku ini memeliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah menteng bagi kesehatan?

Orang seringkali sulit membedakan buah menteng dan duku. Pasalnya kedua buah ini memiliki bentuk yang mirip. Jika duku memiliki rasa manis, menteng cenderung berasa asam. Daging buah menteng pun berwarna ungu berbeda dengan duku yang berwarna putih. Walaupun ada juga buah menteng yang berwarna putih.

Meski berasa asam, buah menteng memiliki kandungan zat gisi yang cukup banyak. Antara lain, karbohidrat, kalsium, vitamin A, B1, C, zat besi, protein, lemak, fosfor, dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya buah yang juga bernama kepundung ini sering digunakan untuk mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Salah satunya untuk menjaga kesehatan mata. Menteng dikenal kaya akan kandungan vitamin A. Selain wortel, mengonsumsi buah menteng juga ampuh untuk menjaga fungsi mata tetap baik. Terlebih bagi orang yang kerap bekeja di depan komputer  atau menggunakan perangkat elektronik seperti telepon seluler. Rutin mengonsumsi buah menteng adalah pilihan tepat untuk menjaga indera penglihatan.

Buah menteng juga sangat baik untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Meski berasa asam, buah menteng dipercaya bisa mengobati beberapa keluhan pencernaan, seperti kembung, mulas, diare dan sebagainya. Namun untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, asupan makanan sehat perlu diperhatikan.

Buah menteng juga bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah. Akibatnya tubuh akan menjadi lebih sehat dan bertenaga. Selain itu mengonsumsi buah menteng juga mencegah tubuh terserang penyakit kurang darah atau anemia. Peredaran darah pun menjadi lebih lancar dengan mengonsumsi buah menteng juga bisa mempelancar aliran darah. Efeknya, fungsi dan kerja jantung menjadi lebih baik, terutama dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Buah menteng juga bisa menjaga metabolisme tubuh. Pasalnya kandungan vitamin dan mineral dalam buah menteng dapat memaksimalkan proses metabolisme. Selain itu kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah menteng sangat baik melindungi tubuh dari radikal bebas, pemicu berbagai penyakit termasuk kanker.

Antioksidan dalam buah menteng juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi buah menteng akan menjadikan kulit lebih segar dan wajah terlihat awet muda. Mengonsumsi buah menteng lebih aman dibandingkan menggunakan kosmetika yang bisa membawa efek negatif.

Buah menteng juga bermanfaat menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium dan mineral lainnya akan melindungi tulang dari osteoporosis. Bagi para wanita, mengonsumsi buah menteng bermanfaat untuk memperlancar datang bulan. Selain itu buah menteng juga bisa menyehatkan organ reproduksi.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF