Bolehkah Olah Raga Saat Kurang Tidur?
berita
Istimewa
13 August 2019 13:00
Olah raga menjadi kegiatan yang menyenangkan dan dapat memberikan efek segar pada tubuh. Bahkan, ketika sedang kurang enak badan seperti demam dan flu, olah raga dapat membantu penyembuhan secara alami. Tapi, tak jarang orang memilih waktu yang salah dan berdampak buruk pada tubuh.

Tahukah Anda, ternyata berolah raga saat kurang tidur dapat menyebabkan beberapa penyakit?

University of Warwick menjelaskan bahwa berolah raga saat kurang tidur atau begadang sangat berbahaya untuk tubuh anda. Andaikata anda tidur kurang dari enam jam maka hindarilah olah raga karena akan merusak tubuh anda, karena berisiko terkena penyakit jantung atau mengalami kematian mendadak.

Risiko penyakit jantung dan kematian mendadak meningkat 50 persen jika anda berolahraga saat tidur kurang dari enam jam. Sebab, kurang tidur saja sudah meningkatkan risiko stroke dan kematian yang diakibatkan oleh stroke hingga 15 persen.

Selain itu, RS Mitra Kemayoran di Jakarta juga menjelaskan bahwa saat kurang tidur tubuh mengalami lebih banyak peradangan yang akan meningkatkan berbagai masalah kronis bagi tubuh. Beberapa penyakit tersebut seperti tekanan darah tinggi, obsesitas, hingga diabetes. Kurang tidur juga akan berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh.

Dua pakar kesehatan lainnya dari New York Anna Kaiser dan Christopher Kline dari University of Pittsburgh. Keduanya menjelaskan bahwa tidur cukup sesungguhnya adalah proses penyembuhan bagi tubuh anda secara alami. Seandainya kurang tidur, maka akan memilih bangun lebih siang dibandingkan harus berolah raga.

Ternyata olah raga saat kurang tidur juga justru akan menyebabkan anda mendapatkan dampak negatif. Bahkan dijelaskan, bahwa resiko kecelakaan akan meningkat jika anda berolah raga saat kurang tidur.

Idealnya tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup yaitu tujuh hingga delapan jam sehari. Olah raga juga baik dilakukan jika tubuh anda cukup tidur dan jika tidak maka lebih baik menunda olah raga dan memperbaiki waktu tidur anda terlebih dahulu.

Toh, olah raga masih bisa dilakukan di lain waktu, khususnya di pusat kebugaran yang bahkan bisa dilakukan di malam hari jika pagi hari anda terlalu sibuk untuk sekedar menyisihkan 30 menit untuk berolah raga. Pilihlah olah raga disaat yang tepat dan selamat menjalani hidup sehat. (yed)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol