Biji Wijen, Dibalik Bentuk Kecilnya Tersimpan Manfaat Besar, Bisa Sehatkan Jantung, Pencernaan dan Tulang
berita
Wijen
27 September 2020 06:00
Watyutink.com – Siapa yang tak kenal wijen. Biji-bijian ini sudah lama dikenal sebagai bahan pembuat berbagai jenis makanan, seperti onde-onde, sushi, salad, serta masakan lainnya. Selain untuk memperindah tampilan makanan, wijen juga digunakan untuk menambah dan meningkatkan cita rasa. Sensai akan tercipta saat gigi menggigit biji wijen yang kecil namun enak.

Selain mampu menambah rasa, ternyata wijen juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Pasalnya wijen mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Tahukah Anda, apa saja manfaat biji wijen?

Biji wijen diketahui mengandung 49 persen lemak tak jenuh ganda dan 39 persen lemak jenuh tunggal. Sebuah penelitian yang diterbitkan  International Journal of Food Science and Nutrition pada tahun 2012 menunjukkan mengonsumsi 1,5 ons biji wijen selama 60 hari atau dua bulan dapat menurunkan kadar kolesterol. Itulah sebabnya biji wijen bisa digunakan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Biji wijen juga diketahui mengandung senyawa lignan dan vitamin E yang mempunyai fungsi sebagai antioksidan. Itulah sebabnya biji wijen bisa digunakan untuk melawan stres oksidatif. Selain itu sifat antioksidan yang dimiliki biji wijen dapat membantu tubuh menghindari efek buruk radikal bebas yang bisa memicu penyakit berat, seperti kanker dan gangguan jantung.

Selain itu kandungan vitamin E juga bisa membantu tubuh merawat kulit dan mencegah penuaan dini. Minyak dari biji wijen diyakini mampu menjadikan kult lebih lembut dan kenyal. Pasalnya wijen memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi kulit kemerahan, luka dan masalah kulit lainnya, terutama di wajah.

Biji wijen adalah bahan yang kaya akan kandungan magnesium. Sehingga rutin mengonsumsi wijen bisa mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sedangkan vitamin E dan antioksidan dalam biji wijen dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri yang menjadi penyebab penyakit hipertensi.

Ahli nutrisi dari Aayna Clinis di Delhi, India, dr Gargi Sharma mengatakan biji wijen hitam banyak mengandung kalsium. Hal itu membuat biji wijen sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Sedangkan kandungan zinc dapat menjadikan tulang semakin kuat dan mencegah tubuh terserang osteoporosis atau penyakit pengeroposan tulang. Bagi pada wanita, rutin mengonsumsi biji wijen bisa membantu mencegah pengeroporsan tulang setelah menopause.

Biji wijen juga diketahui kaya akan kandungan serat. Mengonsumsi tiga sendok biji wijen hitam diketahui dapat memenuhi 12 persen kebutuhan serat harian. Pasalnya tiga sendok biji wijen hitam mengandung 3,5 gram serat. Akibatnya pergerakan usus akan menjadi lebih lancar dan menghindarkan tubuh terserang gangguan pencernaan seperti sembelit atau sulit buang air besar.

Biji wijen juga dapat membantu meningkatkan sistem imun. Pasalnya kandungan zinc dalam biji wijen dapat mengaktifkan sel darah putih yang membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit . Biji wijen juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti zat besi, vitamin B6 dan vitamin E yang juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF