Besarnya Manfaat Dibalik Kecilnya Buah Murbei, Sehatkan Mata, Tulang, dan Cegah Diabetes
berita
Buah Murbei
24 June 2020 17:00
Watyutink.com – Belum banyak orang Indonesia yang memanfaatkan buah murbei. Meski sudah lama dikenal, namun buah murbei masih dianggap asing oleh orang Indonesia. Jangankan dikonsumsi, bentuknya saja mungkin banyak orang Indonesia yang tidak tahu.

Padahal buah yang memiliki rasa asam manis ini sudah kerap dijadikan olahan selai. Bersama ‘saudaranya’ strawberry dan blueberry, buah berukuran kecil ini kerap menemani selembar roti di pagi hari.

Ternyata selain enak dan segar, buah murbei juga baik untuk kesehatan. Pasalnya buah ini mengandung beragan nutrisi yang baik untuk tubuh. Itulah sebabnya , mengonsumsi buah atau olahan murbei sangat dianjurkan.

Tahukah Anda, apa saja khasiat buah murbei untuk kesehatan?

Buah murbei memiliki nama latin morus dan masuk dalam klasifikasi buah beri. Ukurannya hanya sekitar dua hingga lima sentimeter dan tumbuh dalam bentuk bergerombol. Buah murbei memiliki tekstur yang halus dan lunak. Daging buah murbei mudah hancur. Itulah sebabnya buah berwarna merah atau ungu tua ini sangat tepat diolah menjadi selai.

Buah ini dikenal kaya akan kandungan nutrisi, seperti protein, gula, serat, karbohidrat, lemak, kalori dan air. Sedangkan kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah murbei, adalah vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, potassium, antosianin, sianidin, asam klorogenat, myricetin, dan antioksidan.

Itulah sebabnya, buah murbei sangat baik dikonsumsi untukmengatasi beberapa gangguan kesehatan, salah satunya untuk mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Pasalnya murbei kaya akan kadungan zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah. Itulah sebabnya, banyak makan buah murbei akan membuah sel darah merah dalam tubuh selalu dalam kondisi cukup.

Buah murbei juga kaya akan kandungan vitamin A yang berguna menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi murbei bisa menghindarkan gangguan pengelihatan seperti katarak dan degenerasi makula. Selain itu mengonsumsi buah murbei secara teratur juga mampu mengurangi ketegangan yang bisa membuat sel-sel mata menjadi stres.

Buah murbei juga mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, penyebab penyakit kronis. Pasalnya buah murbei kaya akan kandungan antioksidan yang mampu menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Selain itu antioksidan juga mampu mencegah terjadinya penuaan dini

Buah mubei juga berguna memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Pasalnya buah kecil ini kaya akan kandungan vitamin C. Jika dikombinasikan dengan zat besi dan antioksidan akan membuat buah murbei melindungi tubuh dari risiko serangan penyakit akibat bakteri dan virus.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF