Bersihkan Racun Akibat Makan Gorengan dengan Chia Seed, Jeruk Nipis dan Madu
berita
Sumber Foto : klikdokter.com
04 November 2020 16:32
Watyutink.com – Siapa sih yang tidak suka makan gorengan. Camilan murah meriah ini sangat tepat dinikmati saat senggang. Terutama saat cuaca sedang dingin, menikmati gorengan hangat dan teh panas sungguh sajian yang sangat menggoda selera.

Namun saat mengonsumsi gorengan kita wajib hati-hati. Pasalnya jika berlebihan, gorengan justru bisa menjadi malapetaka bagi kesehatan. Berbagai gangguan kesehatan bisa muncul akibat mengonsumsi makanan yang terbuat dari tepung, wortel, toge dan bahan lainnya itu. Mulai dari obesitas, tekanan darah tinggi atau hipertensi, hingga serangan jantung bisa terjadi akibat makan gorengan berlebihan.

Itulah sebabnya kita wajib ‘menahan diri’ saat bertemu gorengan, makanlah secukupnya. Selain itu bagi penggemar gorengan sebaiknya imbangi dengan mengonsumsi makanan atau minuman sehat. Hal ini bisa menjadi detox atau sarana membuang racun dan bahan berbahaya akibat makan gorengan.

Tahukah Anda bagaimana cara melakukan detox gorengan?

Gorengan sejatinya adalah makanan yang sangat enak untuk dinikmati. Namun kesalahan dalam mengolah atau memasak membuatnya menjadi makanan berbahaya. Penggunaan minyak goreng dengan kualitas rendah dituding sebagai penyebab gorengan berubah menjadi makanan ‘berbahaya.’ Selain itu penggunaan minyak secara berulang-ulang menambah parah akibat yang ditimbulkannya. Residu minyak dikhawatirkan masuk ke dalam tubuh dan memicu pembentukan radikal bebas, penyebab beberapa penyakit kronis.

Gorengan juga dibuat menggunakan tepung yang dicampur berbagai jenis bumbu. Hal ini menimbulkan rasa gurih. Namun penggunaan tepung justru membuat gorengan menjadi tidak sehat. Pasalnya tepung yang digoreng akan menyerap banyak minyak. Selain itu tepung yang terlalu banyak akan berubah menjadi lemak dalam tubuh. Paduan antara minyak dan lemak tentu sangat tidak baik bagi tubuh.

Ada dua macam lemak yang masuk dalam tubuh, yakni lemak trans yang terdapat dalam daging dan prosuk susu. Selain itu ada pula lemak trans buatan, yakni lemak jenuh yang muncul saat makanan digoreng pada suhu tinggi. Proses penggorengan akan mengubah struktur kimia lemak menjadi bahan yang sulit dicerna. Hal inilah yang bisa memicu risiko penyakit kronis, seperti jantung, kanker, diabetes dan obesitas.

Itulah sebabnya para penggemar gorengan wajib melakukan detox gorengan. Fungsinya untuk membuat racun dan bahan berbahaya dari dalam tubuh. Salah satu bahan alami yang berguna untuk detox gorengan adalah chia seed. Bahan makanan yang sering disebut biji chia ini dikenal kaya akan nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Nutrisi tersebut antara lain omega-3, antioksidan, serat, zat besi, dan kalsium. Selain itu chia seed juga menjadi sumber fosfor, mangan, kalium, dan tembaga.

Chia seed atau biji chia adalah bahan makanan berupa biji-bijian kecil berwarna hitam dan putih. Meski berukuran kecil, kandungan nutrisi dalam chia seed sangat banyak. Biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia Hispanica ini kaya akan kandungan omega-3, antioksidan, serat, zat besi, dan kalsium. Selain itu chia seed juga menjadi sumber fosfor, mangan, kalium, dan tembaga yang baik untuk kesehatan. 

Berbagai kandungan nutrisi tersebut menjadikan biji-bijian berwarna hitam dan putih dari tanaman Salvia Hispanica ini bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh, salah satunya untuk membantu mengeluarkan sisa makanan yang menumpuk di tubuh. Sisa makanan itulah yang jika menumpuk akan menjadi lemak.

Chia seed juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya biji-bijian ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Kolesterol inilah yang sangat bertanggung jawab terhadap risiko serangan jantung. Jika kadar LDL bisa diturunkan, kesehatan jantung pun semakin terjaga.

Detox gorengan semakin baik jika disertai pula dengan mengonsumsi jeruk nipis dan madu. Kandungan senyawa aktif dalam dua  bahan alami tersebut mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Itulah sebabnya mengonsumsi air jeruk nipis dan madu sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan.

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar melalui akun Instagram kajian kesehatan Islam membagi resep membuat minuman detox gorengan. Siapkan satu sendok teh chia seed, satu buah jeruk nipis yang sudah diperas dan diambil airnya, serta madu secukupnya. Rendam chia seed dalam segelas air, biarkan sekitar 15 ment sampai mengembang. Masukkan air perasan jeruk nipi dan madu lalu minum air tersebut.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF