Bersihkan Paru-Paru dengan Ramuan Jahe, Jeruk, dan Daun Mint
berita
Ramuan Jahe, Jeruk dan Daunt Mint
06 July 2020 15:25
Watyutink.com – Paru-paru adalah organ tubuh yang sangat penting. Organ tubuh yang berada di dada ini berfungsi sebagai pengatur dan pengantar udaha ke seluruh tubuh. Paru-paru juga menjadi tempat oksigen dan karbondioksida dalam darah saling bertukar. Oksigen diedarkan ke seluruh tubuh, sebaliknya karbondioksida harus dikeluarkan dan dibuang dari dalam tubuh.

Begitu pentingnya fungsi paru-paru membuatnya wajib selalu dijaga agar tatap bekerja dengan baik. Sayangnya banyak tindakan kita yang justru berpotensi merusak paru-paru. Salah satu yang paling cepat merusak fungsi organ pernafasan itu adalah kebiasaan merokok. Selain itu polusi udara, terutama di perkotaan juga memberikan dampak negatif bagi kesehatan paru-paru.

Itulah sebabnya upaya membersikan paru-paru dari kotoran dan sampah harus rutin dilakukan.

Tahukah Anda, bagaimana caranya membersihkan dan menyehatkan paru-paru?

Cara terbaik membersihkan paru-paru adalah menghindari kebiasaan yang merusaknya. Kebiasaan merokok adalah tindakan yang sangat cepat merusak paru-paru. Itulah sebabnya jika ingin menyehatkan paru-paru, cara terbaiknya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Selain itu hindari pula berinteraksi atau berkumpul dengan orang yang sedang merokok. Pasalnya asap yang dikeluarkan para perokok juga bisa merusakan paru-paru orang disekitarnya. Bahkan kerusakan pari-paru akibat menjadi perokok pasif diyakini lebih parah dibanding para perokok aktif.

Cara lain untuk membersikan paru-paru adalah dengan rutin berolah raga. Para ahli yakin, rutin berolah raga dan makan makanan sehat mampu merestorasi paru-paru, sehingga kesehatannya bisa lebih terjaga. Selain itu rutin berolah  raga juga bisa menyehatkan organ tubuh lainnya serta menghidari serangan penyakit kronis.

Mengonsumsi ramuan atau minuman berbahan alami juga sangat dianjurkan dalam upaya membersihkan paru-paru. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi ramuan jahe. Salah satu bumbu dapur ini sejak lama dikenal sebagai bahan pembuat ramuan atau obat tradisional. Pasalnya jahe mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk tubuh, seperti gingerol, kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan gula. Selain itu jahe juga memiliki kandungan mineral dan vitamin, seperti zat besi, kalium, magnesium, fosfor, folat, dan zinc. Sedangkan kandungan vitaminnya, adalah vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3 atau naicin, vitamin B6, dan vitamin C.

Untuk membuat ramuan jahe guna menyehartkan paru-paru, caranya, siapkan jahe sebesar satu ibu jari, buah jeruk dan daun mint secukupnya. Campur semua bahan tersebut dengan 500 mililiter air. Aduk dengan rata lalu diamkan selama enam hingga 12 jam. Minum ramuan tersebut setiap hari sebelum makan. Jika rutin dilakukan, paru-paru akan lebih sehat. Selain itu tubuh akan terasa lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

Rutin mengonsumsi teh hijau juga mampu membersihkan paru-paru. Pasalnya teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang mampu membersihkan paru-paru dari berbagai racun dan zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu antioksidan dalam teh hijau juga berguna mencegah terjadinya peradangan di paru-paru. Namun sebaiknya minum teh hijau tanpa gula.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila