Berkenalan Dengan KRI Bima Suci Penerus Dewaruci
berita
wikipedia
22 July 2019 15:25
Watyutink.com - Sebagai negara maritim yang luas dan mashyur sejak zaman Kerajaan Majapahit dan Singosari, Indonesia layak diperhitungkan di kancah internasional. Jenis-jenis kapal tentu berubah sejak dahulu. KRI Dewaruci yang dulunya sangat dikenal di khalayak ramai pensiun karena usia. Kini KRI Bima Suci tampil sebagai penerus kegagahan pendahulunya.

Tahukah Anda, apa saja yang menjadi keunggulan KRI Bima Suci?

KRI Bima Suci-945 (atau dikenal sebagai KRI Bima Suci) merupakan kapal layar latih bagi taruna/kadet pengganti kapal legendaris KRI Dewaruci yang sudah beroperasi sejak 1953. Setelah melalui peresmian maka KRI Bima Suci masuk dalam jajaran TNI Angkatan Laut, merupakan kapal layar latih yang berada di bawah Akademi Angkatan Laut (AAL).

Pelayaran pertama KRI Bima Suci ini menempuh rute dari Spanyol menuju Tanah Air pada 18 September 2017. Pada pelayaran perdana ini KRI Bima Suci sekaligus melaksanakan pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) 2017, bersama dengan 119 Taruna/Kadet Akademi Angkatan Laut tingkat III Angkatan 64. Sebagai kapal layar latih, KRI Bima Suci digunakan untuk berlatih bagi taruna AAL dan juga umum.

KRI Bima Suci adalah kapal layar latih yang ramah. Karena menggunakan layar maka KRI Bima Suci tentu mengisyaratkan keramahan tersendiri. KRI Bima Suci memiliki ukuran panjang 111,20 meter, lebar 13,50 meter, dan kedalaman draft 5,95 meter, dengan tinggi pada ketiga tiangnya yakni tiang haluan 51,15 meter, tiang tengah 51,87 meter dan tiang buritan 49,51 meter. KRI Bima Suci terlihat megah dengan layar-layar tinggi nan menjulang.

Kecanggihan lainnya KRI Bima Suci adalah, kapal ini dilengkapi dengan alat komunikasi, data digital, serta instrumen navigasi pelayarannya yang sudah lebih modern dibanding pendahulunya. Sehingga, KRI Bima Suci didesain untuk bisa bersaing mengadu kecepatan saat lomba layar. KRI Bima Suci juga didesain untuk race, lomba layar, dan bisa melaju dengan kecepatan 15 knot.

Meski masih berusia muda, KRI Bima Suci sudah pernah menjuarai pertandingan sebagai kapal yang paling dicintai pada Sail Regatta 2018. KRI Bima Suci juga dinobatkan sebagai kapal terheboh dan termeriah. Penilaian para juri sudah dimulai sejak awal lomba balap kapal di Yeosu, Korea Selatan, hingga berakhirnya Sail Regatta di Vladivostok, Rusia pada tahun 2018 lalu.

Selain itu, untuk kelengkapan fasilitas kapal ini juga dilengkap dengan fasilitas akomodasi juga tersedia 203 akomodasi dan kamar mandi. Sehingga ketika digunakan untuk berlayar bagi anak bangsa baik itu taruna AAL maupun pemuda lainnya semestinya sudah menjadi cukup layak sebagai tempat pembelajaran.

Meskipun berstatus sebagai kapal layar latih, KRI Bima Suci juga berperan sebagai pembawa budaya. Saat melakukan pelayaran muhibah (persahabatan), maka KRI Bima Suci harus bisa membawa dan memperkenal budaya maritim Indonesia ke seluruh dunia terlebih untuk mendukung Konsep Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol