Berbagai Manfaat Minyak Tawon, Lancarkan Peredaran Darah dan Pernafasan
berita
Minyak Tawon/ Net
08 November 2019 16:52
Watyutink.com – Ada beberapa jenis minyak gosok yang digunakan masyarakat. Selain minyak kayu putih dan minyak telon, masyarakat juga mengenal minyak tawon. Minyak ini kerap digunakan untuk memijit tubuh, baik untuk menghilangkan pegal atau menyembuhkan bagian tubuh yang terkilir.

Ternyata selain untuk pijit, minyak tawon juga memiliki kegunaan lain.

Tahukah Anda, apa saja manfaat minyak tawon bagi kesehatan?

 Banyak orang mengira minyak tawon dibuat dari hewan tawon atau lebah. Anggapan itu salah. Pasalnya minyak tawon dibuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih (cajuput oil), minyak serai atau sereh (citronella), kunyit, dan bawang merah.

Nama ‘minyak tawon’ sebenarnya adalah merek minyak gosok yang awalnya populer di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Minyak gosok cap Tawon diproduksi dan dibuat oleh Lia A Liet pada 6 Desember 1912 di Makassar. Seiring dengan semakin banyaknya permintaan, minyak tersebut semakin populer dan tersebar hingga Jakarta dan Surabaya.  

Minyak tawon mempunyai aroma yang khas, mirip dengan minyak kayu putih namun ada pula aroma rempah. Sehingga aroma juga mirip dengan jamu. Minyak tawon dijual bebas dan bisa didapatkan di toko-toko obat tanpa resep dokter.

Campuran berbagai bahan tersebut membuat minyak tawon mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat yang paling banyak dikenal adalah sebagai obat atau minyak pijit. Saat memijit, tangan harus licin dan lincah. Itulah sebabnya tukang pijit selalu mengoleskan minyak di tangan sebelum memijit.

Minyak tawon adalah pilihan terbaik untuk melakukan pemijitan. Pasalnya minyak tawon aman untuk kulit. Meski demikian sebaiknya hindarkan mengoleskan minyak tawon di area kulit yang terluka. Dikhawatirkan sensasi panas dari minyak tawon dapat menimbulkan rasa perih pada kulit yang terluka.

Minyak tawon juga ampuh meredakan nyeri sendi dan otot. Tekstur minyak tawon yang licin memang cocok untuk memijit. Selain itu kandungan minyak capujut dalam minyak tawon memberi manfaat untuk mengatasi tubuh yang pegal. Pasalnya, minyak cajuput mengandungan senyawa aktif cineole yang bisa meredakan nyeri.

Studi yang diterbitkan Evidence Based Complement Alternative Medical, jurnal kesehatan yang diterbitkan Oxford University, Inggris, menyebut senyawa cineole dapat memengaruhi sistem saraf pusat. Caranya dengan meningkatkan produksi serotonin, yakni hormon yang menimbulkan efek tenang dan senang. Akibatnya rasa sakit yang diderita seseorang bisa berkurang.

Minyak tawon juga bermanfaat melegakan pernafasan. Aroma khas minyak tawon diyakini dapat melegakan pernafasan akibat hidung tersumbat. Kadungan minyak cujuput dalam minyak tawon mempunyai fungsi sebagai aromaterapi. Selain itu kandungan cujuput juga menimbulkan efek menghangatkan tubuh.

Sedangkan kadungan minyak serai, kunyit, dan bawang merah bermanfaat melancarkan sirkulasi darah di hidung. Bawang merah diketahui dapat menimbulkan efek vasodilatasi, yakni jika digosokkan di kulit akan memperlancar peredaran darah. Itulah sebabnya minyak tawon juga ampuh mengatasi masuk angin, terutama jika digunakan untuk kerokan.   

Manfaat berikutnya adalah untuk mengatasi gigitan nyamuk. Caranya dengan mengoleskan di tubuh. Aroma minyak telon yang dioleskan tipis dapat mengusir nyamuk. Pasalnya hewan pengganggu itu tidak suka dengan aroma minyak tawon.

Selain itu minyak tawon juga bisa menurunkan risiko peradangan kulit. Hal ini akibat kandungan kunyit dalam minyak tawon yang mengandung senyawa aktif curcumin. Bekas gigitan nyamuk biasanya terasa gatal. Jika digaruk, kulit akan bengkak dan meradang. Olesan minyak tawon bisa menghindarkan kulit dari kedua kondisi tersebut.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah