Beragam Manfaat Kacang Tolo, Cegah Serangan Jantung, Sehatkan Tulang dan Pencernaan
berita

10 November 2019 16:45
Watyutink.com – Manfaat kacang-kacangan sebagai sumber nutrisi bagi tubuh sudah banyak dikenal. Salah satu jenis kacang yang banyak mengandung nutrisi adalah kacan tolo. Namun kepopuleran kacang tolo kalah dengan jenis kagcang lainnya, seperti kacang tanah, kacang merah, atau kedelai.

Kacang tolo selama ini sering digunakan sebagai bahan masakan, seperti sambal krecek, gulai, atau sebagai camilan bersama ketan dan parutan kelapa. Di Kota Jember, Jawa Timur terdapat makanan khas bernama Ketan Cethol dengan bahan dasar ketan dan kacang tolo.

Para ahli kesehatan menyakini kacang tolo mempunya beragam nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Tahukah Anda apa saja manfaat kacang tolo bagi kesehatan?

Kacang tolo dikenal dengan berbagai nama sesuai dengan daerahnya di seluruh Indonesia, seperti kacang tunggak, dadap, dan kacang kebo. Sebenarnya kacang ini juga banyak negara Asia dengan nama cowpea.

Kacang tolo mempunyai beragam kandungan nutrisi seperti protein nabati yang sangat baik bagi kesehatan. Dalam 100 gram kacang tolo terdapat 24,4 gram protein. Jumlah itu bisa mencukupi kebutuhan sekitar 40 persen kebutuhan protein manusia. Protein bermanfaat untuk pembentukan otot dan jaringan kulit, rambut, serta kuku.

Kacang tolo juga memiliki kandungan zink yang berguna menjaga system kekebalan tubuh atau sistem imun. Zink juga bermanfaat menjaga kesuburan, khsusunya bagi pria. Pasalnya zink bias mempebaiki kualitas sperma. Dalam 100 gram kacang tolo terdapat 6,1 gram zink. Jumlah itu bisa memenuhi 50 persen kebutuhan zink harian manusia.

Kacang tolo juga kaya akan kandungan kalsium. Dalam 100 gram kacang tolo terdapat 481 miligram kalsium dan mampu memenuhi 50 persen kebutuhan harian manusia. Kalsium adalah nutrisi yang berguna menjaga kesehatan tulang dan giti. Selain itu kalsium juga dibutuhkan untuk kesehatan jantung, otot, dan saraf.

Kacang tolo juga kaya akan kadungan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan organ pencernaan. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi kacang tolo dalam mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar. Selain itu kacang tolo juga bisa menjaga kadar kolesterol dalam darah. Itulah sebabnya kacang tolo bisa mengurangi risiko serangan jantung.

Kacang tolo juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya kacang tolo memiliki kandungan folat yang penting untuk kesehatan janin selama masa kehamilan. Folat juga bisa melindungi janin dari kondisi lahir cacat.

Satu cangkir kacang tolo bisa memnuhi sekitar 52 persen kebutuhan folat harian. Hal ini penting untuk menjaga kondisi tubuh. Pasalnya folat dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah dan menghindari anemia atau kurang darah.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir