Beragam Manfaat Dibalik Asamnya Buah Lobi-lobi, Cegah Diabetes, Osteoporosis, Gangguan Pencernaan, Penyakit Jantung dan Darah Tinggi
berita
Sumber Foto : YouTube Sehat Secara Alami
07 September 2020 16:10
Watyutink.com – Saat ini buah lobi-lobi sudah jarang ditemui. Padahal di masa lalu buah yang mirip ceri ini banyak dikonsumsi untuk menjaga kebugaran tubuh. Pasalnya buah lobi-lobi mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Hal ini lantaran buah lobi-lobi kaya akan kandungan nutrisi yang baik bagi manusia.

Tahukah Anda, apa manfaat buah lobi-lobi bagi kesehatan?

Lobi-lobi adalah buah yang berasal dari wilayah Asia, termasuk Indonesia. Buah lobbi-lobi seringkali tumbuh liar dan ditemukan di kebun atau rerumputan liar. Orang Jawa menyebut buah lobi-lobi sebagai patikan kebo, orang Madura menyebutnya sosononga, orang Batak menyebutnya balakko, dan orang Minang menyebutnya lubi-lubi.

Pohon lobi-lobi bisa tumbuh hingga ketinggian tiga hingga 10 meter. Daunnya berbentuk lonjong dan bertangkai pendek. Sedangkan buahnya berwarna merah berdiameter satu hingga tiga sentimeter dan mempunyai rasa asam

Buah lobi-lobi diketahui kaya akan kandungan mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan kolesterol. Buah lobi-lobi diketahui mengandung polifenol yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu polifenol juga berguna memperbaiki fungsi pembuluh darah dan membentu memperlambat penggumpalan darah.

Lobi-lobi juga kaya akan kandungan antioksidan. Itulah sebabnya lobi-lobi berguna melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang menjadi pemicu berbagai penyakit kronis, termasuk kanker. Selain itu lobi-lobi juga mengandung vitamin C yang berguna melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Kandungan polifenol dalam buah lobi-lobi juga memberikan efek antioksidan, antiplatelet dan antiradang. Hal ini membuat buah yang bernama latin Flacourtia Inermis ini mampu mencegah penyakit jantung. Pasalnya buah lobi-lobi mengangung quercetin yang mampu menurunkan tekanan darah. Padauan antara quercetin, polifenol, dan antioksidan mampu membuat jantung lebih sehat.

Buah lobi-lobi juga memiliki kandungan tanin dan tarakseron yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu buah ini juga mampu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Itulah sebabnya buah lobi-lobi sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes atau kencing manis.

Sedangkan kandungan tanin, flavonoid, dan polifenol dalam buah lobi-lobi sangat berguna untuk menjaga kesehatan usus. Tanin berperan penting untuk perkembangan bakteri baik dalam usus.  Sedangkan flavonoid berguna untuk memperbaiki sel yang rusak, dan sumber antioksidan sangat baik untuk tubuh.

Lobi-lobi juga mengandung mineral dan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan polifenol sangat baik menjaga kepadatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulan. Polifenol juga dapat merangsang pertumbunan sel tulang baru. Selain itu buah lobi-lobi juga bisa mencegah stres oksidatif dan pembengkakan yang akan mengganggu kesehatan tubuh.

Lobi-lobi juga mengandung enzim lipase yang berguna memperlancar pencernaan. Selain itu juga ada enzim amilase dan protesae yang bersama lipaze memecah protein dan lemak dalam tubuh agar mudah dicerna. Selain itu buah lobi-lobi juga mampu mengobati diare, mual, dan gangguan pencernaan lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat buah lobi-lobi caranya bisa dengan memakan secara langsung. Bisa juga dengan mengolah lobi-lobi menjadi selai, sirup, atau jeli. Lobi-lobi bisa juga diolah menjadi rujak atau asinan.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF