Beragam Manfaat Daun Sukun, Obati Asam Urat, Diabetes, Ginjal, dan Liver
berita
Daun Sukun
22 May 2020 17:35
Watyutink.com - Selama ini buah sukun kerap dimanfaatkan untuk makanan ringan atau camilan. Sukun biasanya diolah menjadi kripik atau gorengan. Rasanya yang enak apalagi saat masih hangat membuat siapa saja ingin menyantapnya.

Ternyata kegunaan sukun bukan hanya untuk camilan. Sukun juga bisa digunakan sebagai bahan obat alami atau herbal, terutama daunnya. Manfaat daun sukun diperoleh lantaran mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat daun sukun untuk kesehatan?

Sukun memiliki nama latin Artocarpus Altilis adalah tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia dan negara beriklim tropis lainnya. Sukum memiliki kemiripan dengan nangka tapi dengan ukuran yang lebih kecil. Buah sukun berdiameter 10 hingga 20 sentimeter. Kulit buahnya berwarna hijau dengan daging berwarna putih dan tekstur seperti benang.

Sedangkan daunnya bertekstur halus mengkilap dan berbentuk lebar. Daun inilah yang sering dimanfaatkan untuk bahan obat herbal. Para ahli meyakini daun sukun kaya akan kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan. Zat tersebut antara lain,  zat antioksidan, terutama polifenol, flavonoid, tannin, dan alkaloid. Selain itu juga beberapa zat alami seperti asam hidrosinat, riboflavin, dan asetilcolin yang bermanfaat untuk melawan sumber penyakit berbahaya. 

Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan daun sukun adalah asam urat. Caranya, ambil daun sukun segar yang tidak berlubang, cuci hingga bersih lalu potong kecil-kecil. Keringkan dengan cara dijemur.

Siapkan 15 gram daun sukun kering, satu genggam daun greger otot atau bibitungan. Seduh bahan tersebut dengan satu gelas air mendidih. Setelah dingin saring. Tambahkan madu atau gula batu untuk menambah rasa. Minum secara teratur dua kali sehari selama 10 hari.

Daun sukun juga mampu mengobati sakit ginjal sekaligus menyehatkan jantung. Caranya, ambil daun sukun segar secukupnya, bersihkan lalu jemur hingga kering. Rebus dengan lima gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan lalu saring. Minum air rebusan tersebut secara rutin. Tambahkan madu untuk menambah rasa.

Perlu diingat, air rebusan daun sukun tidak bisa bertahan lama, apalagi hingga sehari. Itulah sebabnya air rebusan daun sukun harus habis saat itu juga.

Manfaat daun sukun yang lain adalah menjadi obat diabetes atau kencing manis. Caranya sama dengan cara membuat rebusan daun sukun sebelumnya. Perlu diingat, saat merebus daun sukun gunakan panci yang terbuat dari gerabah atau tanah liat. Jika tidak ada gunakan panci stainless steel dan hindari menggunakan panci aluminium.

Minum secara teratur sehari sekali. Selain menyembuhkan diabetes, rutin minum air rebusan daun sukun juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol. Air rebusan daun sukun juga bermanfaat menyembuhkan penyakit darah tinggi atau hipertensi.

Daun sukun juga bermanfaat mengobati penyakit hati atau liver. Caranya pun tak jauh beda, rebus daun sukun segar dengan air secukupnya. Biarkan sampai mendidih dan berwarna merah tua. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan tersebut dua kali sehari masing-masing satu gelas.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF