Beragam Manfaat Daun Jarak Pagar, Sembuhkan Masuk Angin, Memar, Rematik, dan Cegah Kebotakan
berita
Daun Jarak Pagar
09 May 2020 17:00
Watyutink.com - Selama ini orang kurang mengenal tanaman jarak pagar. Kebanyakan orang hanya mengenal tanaman jarak pohon.  Pasalnya biji tanaman jarak pohon bisa diolah menjadi minyak pelumas. Padahal tanaman jarak pagar juga memiliki kegunaan yang cukup banyak. Selain bisa diolah sebagai bahan bakar alternativ, tanamam jarak pagar juga memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Tahukah Anda, apa saja manfaat jarak pagar untuk kesehatan?

Tanaman jarak pagar termasuk pohon berkayu yang bisa tumbuh mencapai tinggi dua hingga lima meter. Batangnya berkulit licin dengan tonjolan bekas daun gugur. Daunnya berbentuk seperti jantung berujung lancip dengan lebar antara enam hingga 15 sentimeter. 

Bunganya hijau kekuningan yang tersusun seperti cawan. Buahnya bulat dengan diameter sekitar tiga sentimeter yang bila masak berwarna kuning. Tapi buahnya tidak bisa dimakan lantaran beracun. 

Berbeda dengan buahnya, daun jarak pagar justru kaya akan kandungan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, yakni 
tanins, flavonoid, dan saponins. Ketiga senyawa tersebut memiliki fungsi sebagai antibakteri. 

Itulah sebabnya tanaman yang oleh orang Jawa disebut jarak gundul ini diyakini bisa mengatasi gangguan kesehatan. Salah satunya untuk memgobati masuk angin dan perut kembung, baik pada orang dewasa, anak-anak, bahkan bayi. Caranya, ambil beberapa lembar daun jarak pagar, bersihkan dari getahnya. 

Selanjutnya oleskan minyak kayu putih pada lembaran daun tersebut lalu tempelkan di perut, dada, dan punggung. Agar posisinya tidak bergeser, bisa juga dibalut dengan kain.  Rasa hangat yang ditimbulkan daun jarak pagar akan membantu mengusir kembung dan masuk angin. 

Tanaman yang oleh orang Sunda disebut jarak budeg ini juga dapat mengatasi rematik. Ambil beberapa lembar daun jarak pagar, bersihkan lalu haluskan dengan cara ditumbuk atau digiling. Tempelkan ramuan tersebut ke bagian tubuh yang sakit akibat rematik. Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai rasa nyeri akibat rematik hilang. 

Daun jarak pagar juga memiliki khasiat dalam membantu meredakan peradangan atau memar di tubuh. Selain itu juga berguna untuk mengobati luka kecil yang tidak terbuka. Caranya ambil beberapa lembar daun jarak pagar, kemudian dihaluskan. Tambahkan sedikit air hangat.Tempelkan ramuan tersebut ke bagian tubuh yang memar atau luka. Ulangi beberapa kali hingga memar atau luka membaik. 

Sedangkan air rendaman daun jarak pagar yang telah dihaluskan berguna untuk membantu meredakan pendarahan ringan. Caranya gunakan air rendaman tersebut untuk mengompres bagaian tubuh yang mengalami pendarahan ringan. 

Daun tanamam yang oleh orang Madura disebut kalakhe pager ini juga bisa membantu mengobati penyakit kulit ringan seperti gatal-gatal, kadas dan kurap. Pasalnya daun jarak pagar diketahui memiliki kandungan senyawa asam undesilenat.

Caranya mengobatinya, ambil beberapa lembar daun jarak pagar, rendam dalam minyak kelapa atau minyak zaitun dan biarkan semalaman. Setelah itu panaskan rendaman tersebut hingga mendidih lalu diamkan sampai hangat. Oleskan minyak hangat itu ke kulit yang mengalami masalah. Tutup dengan kain agar tidak terkena kotoran atau debu. Ulangi hingga masalah kulit hilang. 

Daun jarak pagar juga bisa mengatasi rambut rontok. Daun jarak pagar diketahui memiliki kandungan asam lemak omega 6 yang dapat membantu menyuburkan rambut.

Caranya, ambil beberapa lembaran daun jarak pagar kemudian dihaluskan dengan air hangat kemudian saring. Balurkan ramuan tersebut pada kepala. Air daun jarak tersebut dapat melancarkan peredaran darah di kepala. Selain itu juga dapat merangsang pertumbuhan rambut karena folikel rambut yang ternutrisi dari perasan air daun jarak tersebut. 

Selanjutnya tutup kepala dengan handuk atau shower cup, biarkan selama semalam. Keesokan harinya bersihkan rambut dengan keramas. Lakukan dua atau tiga kali seminggu. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF