Beragam Manfaat Buah Salak, Menyehatkan Mata, Jantung, dan Mencegah Pikun
berita

24 March 2019 18:00
Watyutink.com - Siapa yang tak kenal buah salak? Rasa manis dengan sensasi sepat menjadi ciri khas buah dengan kulit mirip sisik ular ini.

Mempunyai nama latin Salacca zalacca, buah salak banyak ditemui diseluruh wilayah Indonesia. Salah satu jenis yang paling populer adalah salak pondoh dari Yogyakarta.

Ternyata dibalik rasanya yang mengundang selera, buah asli Indonesia ini mengandung beragam manfaat bagi kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah salak bagi kesehatan?

Buah salak diketahui banyak mengandung vitamin A, vitamin B2 (riboflavin), vitamin C, dan karbohidrat. Selain itu buah salak juga kaya akan zat gizi makro, zat gizi mikro, dan serat.

Kandungan buah salak lainnya, yaitu kalsium, fosfor, potasium, protein, lemak, dan serat. Anda perlu tahu bahwa buah salak tidak mengandung kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi.

Itulah sebabnya buah salak bisa membantu menyehatkan tubuh, salah satunya adalah menyehatkan mata. Kandungan vitamin A dan beta karoten dalam buah salak diyakini dapat menyehatkan mata. Bahkan khasiat buah salak bagi kesehatan mata setara dengan wortel.

Selain itu buah salak juga baik untuk meningkatkan daya ingat dan stamina tubuh. Pasalnya buah salak mampu memberikan rangsangan pada metabolisme tubuh yang berakibat pada peningkatan energi. Hal ini disebabkan adanya kandungan karbohidrat dalam buah salak.

Salak adalah buah yang bebas kandungan kolesterol. Di sisi lain, buah ini banyak mengandung kalium. Itulah sebabnya buah salak baik untuk menunjang kesehatan jantung. Selain itu
kandungan antioksidan yang dimiliki buah salak membantu tubuh mengatur regulasi air dalam tubuh. Regulasi ini semakin meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme tubuh.

Penderita diabetes juga tidak perlu khawatir kala menyantap buah salak. Justru, buah salak mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Beragam zat dalam buah salak diyakini dapat meregenersi sel-sel pankreas. Seperti diketahui pankreas adalah organ tubuh yang bertugas mengendalikan
kadar glukosa dalam darah. Itulah sebabnya buah ini dapat mencegah penyakit diabetes.

Disarankan saat mengkonsumsi buah salak kulit arinya tidak dibuang. Pasalnya kulit ari pada buah salak berguna untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.
Itulah sebabnya anggapan buah salak menyebabkan sembelit dan susah buang air besar adalah salah.

Bagi ibu hamil mengkonsumsi buah salak sangat bermanfaat untuk meningkatkan asupan zat besi. Selain itu juga mencegah terjadinya morning sickness atau mual di pagi hari.

Namun mengkonsumsi buah salak dalam jumlah berlebihan sangat tidak dianjurkan. Selain itu guna meningkatkan kesehatan, harus diimbangi pula dengan mengkonsumsi makanan bergizi.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Polisi Tunduk Pada Hukum             Inovasi Kebijakan yang Tidak Menjual             Kebijakan Tergantung Tujuan Awalnya             Kebaya Tak Perlu Dipertanyakan             Penggalian Nilai Budaya Dibalik Kebaya             Berkebaya Adalah Kesadaran             Penangkapan Faisol Tidak Berdasar             Lembaga Negara Bukan Pemungut Upeti!             Cost Recovery Bukan dari APBN             Blok Masela, Akankah mengulang sejarah Freeport?