Beragam Manfaat Buah Gojiberry, Cegah Diabetes, Kanker, dan Turunkan Berat Badan
berita
Buah Gojiberry
23 September 2020 16:57
Watyutink.com – Nama gojiberry mungkin masih asing di telinga orang Indonesia. Padahal buah gojiberry dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan. Buah ini bahkan sudah dikenal sebagai bahan pembuat obat tradisional di China sejak 2.000 tahun lalu. Buah gojiberry selama ini dikenal sebagai super food atau makanan super yang kaya akan kandungan nutrisi. Rutin mengonsumsi buah gojiberry diyakini bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar.

Tahukah Anda apa saja manfaat buah gojiberry bagi kesehatan?

Gojiberry termasuk dalam keluarga buah berry lainnya, seperti strawberry, blackberry, dan blueberry. Buah yang mempunyai nama latin lycium barbarum polysaccharides ini dikenal kaya akan kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, zat besi, selenium, kalium, seng, asam amino dan tembaga. Selain itu gojiberry juga kaya akan kandungan antioksidan yang berguna melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas pemicu berbagai penyakit kronis, termasuk kanker.

Itulah sebabnya buah berwarna merah berasa manis ini bisa menjadi obat bagi berbagai penyakit, salah satunya untuk mencegah pertembuhan sel kanker. Kandungan antioksidan dalam gojiberry memiliki efek yang menghambat pertumbuhan tumor. Antioksidan juga berguna meredakan peradangan sitokin dalam darah.

Gojiberry juga berguna meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Hal ini lantaran gojiberry kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan vitamin C dalam buah ini lebih tinggi dibanding jeruk. Gojiberry bermanfaat meningkatkan limfosit, yakni sel darah putih yang dapat melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Gojiberry juga bermanfaat bagi penderita diabetes atau kencing manis. Pasalnya buah gojiberry mampu mengurangi resistensi insulin, meningkatkan toleransi gula, dan memperbaiki sel pembentuk insulin. Sedangkan kandungan antioksidan membuat gojiberry berguna meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam sel tubuh. Selain itu gojiberry juga bisa meningkatkan sekrasi pankreas.

Bagi Anda yang mengalami masalah berat badan, gojiberry bisa menjadi pilihan. Kandungan serat tinggi dalam goji berry akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Akibatnya orang akan lebih sedikit makan. Serat dalam goji berry juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan nafsu makan.

Selain itu, gojiberry juga memiliki indeks glikemik rendah, sehingga pelepasan gula ke dalam aliran darah bisa lebih lambat. Gojiberry juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Gojiberry juga kaya akan kandungan zeaxanthin yang mampu mencegah kerusakan sel kolagen. Hal inilah yang membuat gojiberry berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu kandungan antioksidan dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Terlebih antioksidan berguna melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Untuk mendapatkan manfaat buah gojiberry bisa dimakan secara langsung. Bisa juga mengonsumsi gojiberry bersama outmeal dan yoghurt. Gojiberry juga bisa dijadikan jus atau teh herbal. Saat ini gojiberry sudah banyak dijual dalam bentuk serbuk dan tablet. Meski memiliki banyak manfaat, sebaiknya buah gojiberry dimakan dalam jumlah secukupnya. Selain itu gojiberry dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat dan seimbang.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF