Beragam Manfaat Buah Duku, Sehatkan Jantung, Otak, Tulang, Cegah Kanker dan Hipertensi
berita
Buah Duku
29 February 2020 17:35
Watyutink.com - Salah satu buah yang paling banyak penggemarnya adalah duku. Pasalnya buah yang banyak dibudidayakan di Sumatera Selatan ini memiliki rasa manis. Selain itu tekstur daging buahnya yang kenyal menciptakan sensasi saat digigit.

Ternyata selain enak dimakan, duku juga sehat. Pasalnya buah dengan kulit berwarna kuning terang ini kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Tahukah Anda, apa saja manfaat buah duku untuk kesehatan?

Buah duku selama ini dikenal sebagai 'obat' untuk beberapa jenis penyakit, sepert demam, diare, malaria, maag, kembung, dan gigitan serangga. Duku juga diyakini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan dan metabolisme tubuh.

Selain manfaat tersebut, buah duku juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan. Dilansir dari Health Miracle Media, duku juga bisa membantu meningkatkan kinerja sistem saraf. Pasalnya buah ini kaya akan kandungan vitamin B dan B2 atau riboflavin, yakni zat yang dapat mengubah karbohidrat menjadi energi. Hal inilah yang membuat duku dapat membantu sistem saraf berfungsi dengan baik.

Selain itu riboflavin juga mampu mencegah katarak, mencegah migrain, menjaga kesehatan kulit dan rambut, mencegah penyumbatn pembuh darah, dan segudang manfaat lainnya.

Buah duku juga kaya akan kandungam serat. Dalam 100 gram duku terdapat dua gram serat esensial. Itulah sebabnya duku sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan jantung.

Selain itu duku juga berguna untuk kesehatan organ pencernaan. Kandungan serat tinggi mampu menjaga tubuh dari sembelit atau susah buang air besar. Duku juga sangat baik dalam meyeimbangkan diet.

Duku juga baik untuk menjaga keseimbangan kolesterol. Pasalnya duku memiliki kandunhan niasin yang dapat menetralisir kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

Itulah sebabnya, selain baik untuk kesehatan jantung, duku juga mencegah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Buah duku juga kaya kandungan vitamin A. Itulah sebabnya buah berbentuk bulat sebesar bola bekel ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan otak. Selain itu duku juga untuk kulit, tulang dan gigi.

Sedangkan kandungan antioksidan dalam duku mampu mencegah serangan kanker. Antioksidan selama ini dikenal dapat melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas penyebab beberapa penyakit, seperti kanker.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)