Beragam Khasiat Bee Pollen, Roti Lebah, Ampuh Sehatkan Pencernaan, Kulit, Cegah Alergi dan Masalah Prostat
berita
Bee Pollen, Roti Lebah
05 November 2020 08:00
Watyutink.com - Saat ini keinginan masyarakat untuk menggunakan bahan-bahan herbal atau alami untuk kesehatan sangat besar. Hal itu membuat banyak bahan-bahan herbal bermunculan. Beberapa adalah bahan yang sudah lama dikenal. 

Namun tidak sedikit pula bahan alami yang baru dikenal publik. Bahkan namanya pun terdengar asing. Padahal bahan alami tersebut kaya akan manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah bee pollen. 

Tahukah Anda, apa itu bee pollen dan apa manfaatnya bagi kesehatan? 

Bee pollen atau disebut juga 'roti lebah' adalah bahan berbentuk butiran-butiran kecil yang dibuat oleh lebah saat berada di atas bunga. Jika dilihat dari namanya, bee pollen berasal dari 'bee' yang berarti lebah dan 'pollen' yang artinya serbuk sari bunga jantan. 

Bee pollen berisikan pollen, saliva atau liur lebah, serta nektar atau madu. Di alam bebas, bee pollen digunakan lebah sebagai makanan pokok untuk seluruh koloni lebah madu. Bisa dikatakan bee pollen adalah sembakonya lebah. 

Seperti halnya madu, bee pollen juga kaya akan manfaat bagi kesehatan. Itulah sebabnya, para ahli kesebatan herbal banyak merekomendasikan bee pollen untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Pakar nutrisi asal Malaga, Spanyol, Arancha Arias mengatakan kandungan bahan-bahan alami dalam bee pollen sangat baik dimanfaatkan untuk kesehatan, salah satunya sebagai antobakteri alami. Akibatnya, bee pollen sangat baik digunakan untuk mempercepat pemulihan luka, terutama luka bakar. Selain itu bee pollen dapat meremajakan kulit dan mengurangi peradangan. 

Bee pollen diketahui mengandung asam amino dan vitamin yang mampu meregenerasi sel dan mengobati masalah kulit seperti psoriasis atau eksim. Bee pollen juga membantu mengatasi iritasi akibat paparan matahari.

Bee pollen juga berguna untuk mencegah alergi. Pasalnya bee pollen mampu mengurangi histamin yang menjadi pemicu alergi. Namun bagi Anda yang alergi terhadap sengatan lebah, dianjurkan tidak mengonsumsi bee pollen.

Bee pollen juga kaya akan kandungan serat. Itulah sebabnya mengonsumsi bee pollen dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. Terlebih bee pollen sama sekali tidak mengandung gluten. Sehingga aman dikonsumsi siapa saja, kecuali mereka yang alergi terhadap sengatan lebah. 

Bagi kaum pria, sangat baik rutin mengonsumsi bee pollen. Pasalnya penelitian para ahli menunjukkan bee pollen berguna mengatasi masalah pembengkakan atau peradangan prostat. 

Sedangkan kandungan antioksidan, protein, mineral dan vitamin dalam bee pollen bermanfaat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Itulah sebabnya bee pollen mampu melawan setiap penyakit. 

Untuk menikmati bee pollen, tidak sulit. Pakar kesehatan herbal dr zaidul akbar melalui akun instagramnya membagikan resep membuat bee pollen lemon tea. Bahannya adalah satu sendok teh bee pollen, satu buah jeniper atau jeruk nipis peras, dan madu. 

Potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Peras setengah bagian dan ambil airnya. Setengah bagian lagi iris tipis lalu seduh dengan 300 mililiter air hangat. Biarkan sejenak. Masukkan bee pollen dan madu. Lalu minum selagi hangat. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF