Benarkah Perasan Air Lemon Bisa Sembuhkan Maag?
berita

25 January 2020 08:00
Watyutink.com - Penderita sakit maag tentu saja menghindari makanan asam, karena akan memicu maag kambuh. Sebagai penderita maag tentu akan berusaha sembuh dengan berbagai cara, karena selain mengganggu aktivitas, penyakit maag membatasi penderita untuk mengkonsumsi makanan enak, misalnya seperti rasa asam-manis dan pedas, terutama asam.

Tahukah Anda, ternyata perasan air lemon dapat sembuhkan sakit maag?

Sering dihindari oleh penderita maag, ternyata lemon kaya akan vitamin C, dimana berperan penting untuk menyembuhkan peradangan pada lambung. Kandungan asam askrobat dan alkali pada buah lemon bermanfaat untuk penyembuhan gastritis.

Selain itu, senyawa yang terkandung dalam lemon membantu menyeimbangkan asam klorida (HCl) atau dikenal dengan asam lambung dengan cara memicu produksi mukus atau lendir lambung. Dengan demikian maka kondisi asam lambung akan netral dan seimbang.

Bagaimana cara mengkonsumsi lemon yang benar?

Untuk penyembuhan maag, air perasan lemon dicampur dengan air hangat diminum pagi hari saat perut masih kosong. Pada beberapa kasus, meminum perasan lemon di pagi hari juga dapat membantu proses penurunan berat badan jika dilakukan secara rutin dan konsisten. Sebagian orang menambahkan madu pada perasan lemon untuk mengurangi rasa asam.

Perlu diketahui juga bahwa kandungan vitamin C pada lemon juga dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini. Jadi meskipun anda tidak menderita sakit maag, tidak ada salahnya mengkonsumsi perasan air lemon di pagi hari.

Selain sisi positif ada juga sisi negatifnya, bagi penderita maag yang sangat sensitif dengan kandungan asam lemon, dapat menyebabkan maag bertambah parah. Dapat diakali dengan meminum perasan lemon setelah makan. Namun jika sakit pada ulu hati justru semakin bertambah, lebih baik berhenti mengkonsumsi air lemon.

Resiko lain adalah asam yang terdapat pada lemon dapat mengikis email gigi, karena itu disarankan untuk meminum perasan lemon dengan menggunakan sedotan. Berkumur lebih baik setelah mengkonsumsi perasan lemon hangat untuk menghindari sisa sisa perasan lemon merusak gigi anda.

Untuk mendapatkan manfaat perasan air lemon secara optimal perlu konsistensi. Alangkah baiknya jika mengkonsumsi perasan air lemon di pagi hari dilakukan rutin sampai mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan juga anda memiliki pola makan yang benar. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter terlebih dahulu jika sedang mengkonsumsi obat maag untuk penyembuhan. (yed)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila