Benarkah Olah Raga Malam Berbahaya, Berikut Ini Penjelasannya
berita

18 November 2019 12:27
Watyutink.com – Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan saat ini mulai tumbuh. Hal ini mendorong sebagian orang giat berolah raga. Namun di sisi lain kesibukan dan aktivitas sehari-hari juga tidak bisa ditinggalkan. Akhirnya, banyak orang menyiasati dengan melakukan olah raga pada malam hari setelah pulang kerja. Kadang dilakukan sendiri tapi juga seringkali bersama teman-teman.

Ternyata berolah raga pada malam hari tidak selamanya baik untuk kesehatan. Bahkan para ahli kesehatan menyebut, olah raga malam hari bisa menimbulkan gangguan kesehatan.

Tahukah Anda, apa akibat buruk olah raga malam hari?

Olah raga adalah kegiatan yang sangat baik untuk kesehatan. Namun jika dilakukan di malam hari efeknya bisa tidak baik. Hal ini berhubungan dengan jam biologis tubuh manusia. Secara alami tubuh akan mengingatkan kepada manusia untuk beristirahat atau tidur di malam hari. Jika memaksakan diri berolah raga, tubuh bisa terkecoh dengan jadwal atau jam biologis. Jika kerap dilakukan, hal ini bisa mengakibatkan tubuh mudah sakit dan lelah.

Dr Michael Triangto SpKO dari RS Mitra Kemayoran menganjurkan orang yang bekerja dipagi dan siang hari sebaiknya tidak melakukan aktivitas fisik, seperti olah raga dimalam hari. Pasalnya hal itu akan menganggu waktu istiharat dan menjadikannya sulit tidur.

Dr Michael mencontohkan, jika seseorang berolah raga sepulang kerja, pada jam 10 atau 11 malam badannya masih segar. Adrenalin dan suhu tubuh meningkat. Hal ini justru menyebabkan susah tidur   

Ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa terjadi akibat kebiasaan berolah raga malam hari, salah satunya adalah berkurangnya daya tahan tubuh. Olah raga malam hari akan membuat energi tubuh terkuras. Hal ini bertambah buruh lantaran terjadi saat tubuh seharusnya beristirahat. Akibatnya tubuh tidak mempunyai jeda waktu yang cukup untuk beristirahat dan mudah terserang penyakit seperti flu dan demam.

Olah raga malam hari juga berisiko membuat seseorang mudah terserang sesak nafas. Pasalnya udara malam hari mengandung kadar oksigen yang lebih sedikit dibandingkan pagi atau sore hari. Padahal olah raga sangat membutuhkan banyak pasokan oksigen. Hal ini agar pernafasan dan aliran darah menjadi lancar.

Berolah raga saat kadar oksigen minim akan membuat tubuh cepat capek. Bahkan kekurangan oksigen saat berolah raga bisa memicu sesak nafas.

Akibat selanjutnya adalah susah tidur. Namun hal ini bisa diatasi dengan tidak memaksakan melakukan olah raga berat. Jadikan kegiatan olah raga atau berlatih kebugaran pada malam hari sebagai kegiatan santai dan menyenangkan.

Pada prinsipnya olah raga malam hari tetap bisa dilakukan. Terlebih bagi orang yang memang bekerja di malam hari. Namun perlu diatur waktu dan jenis olah raganya. Sebaiknya olah raga malam dilakukan sebelum jam tujuh malam. Olah raga yang dilakukan juga sebaiknya tidak terlalu berat.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir