Benarkah Minum Kopi Berbahaya bagi Wanita, Simak Penjelasannya
berita
Ilustrasi/ Net
21 January 2021 16:40
Watyutink.com – Kegemaran minum kopi bukan hanya monopoli kaum pria. Wanita pun gandrung menikmati minuman berwarna hitam ini. Terlebih saat ini kopi bukan lagi hanya sekadar minuman. Kopi sudah berubah menjadi gaya hidup. Itulah sebabnya kebiasaan ‘ngopi’ kini banyak digemari masyarakat. Kedai kopi atau coffee shop selalu ramai pengunjung. Tidak hanya pria, kaum hawa pun banyak yang menjadi penikmati kopi.

Tidak hanya di coffee shop, kegemaran minum kopi juga terbawa sampai ke rumah. Penikmat kopi seolah tidak ingin lepas dari minuman kegemarannya itu. Terlebih kopi juga diyakini mempunya efek yang baik bagi tubuh. Secangkir kopi yang dinikmati pada pagi hari bakal membuat tubuh lebih segar dan bersemangat. Hal ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang mempu meningkatkan aktivitas otak.

Namun ternyata kaum wanita harus lebih berhati-hati saat mengonsumsi kopi. Pasalnya kopi mempunyai dampak negatif bagi wanita. Beberapa gangguan kesehatan disinyalir bakal muncul jika seorang wanita terlalu banyak minum kopi.

Tahukah Anda, apa saja bahaya minum kopi bagi wanita?

Praktisi kesehatan dr. Sepriani Timurtini Limbong dalam tulisan yang dimuat klickdokter mengatakan batas asupan kafein yang baik bagi seseorang adalah 400 miligram atau setera dengan empat cangkir per hari. Jika melebihi batas tersebut, akan muncul dampak negatif. Bagi wanita menurut dr Sepriani dampaknya bisa lebih buruk dibanding pria.

Salah satu gangguan kesehatan yang bisa muncul adalah pengeroposan tulang. Kafein dalam kopi bisa menurunkan kemampuan tulang menyerap kalsium. Padahal kalsium adalah mineral yang sangat diperlukan untuk pembentukan tulang. Jika hal ini terjadi dalam waktu lama, tulang akan mengalami keropos akibat penyerapan kalsium yang tidak sempurna. Penelitian yang pernah dilakukan para ahli menyebut, minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari meningkatkan risiko pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Minum kopi berlebihan juga bisa memicu perasaan cemas dan panik berlebihan bagi wanita. Saat minum kopi, seorang wanita akan mengalami peningkatan frekuensi denyut nadi. Hal inilah yang berpotensi menimbulkan kecemasan dan panik.

Minum kopi sejatinya bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Namun jika terlalu banyak akibatnya justru sebaliknya. Seorang wanita yang minum kopi berlebihan akan mengalami ganggung fungsi kognitif. Wanita yang minum lebih dari tiga cangkir kopi sehari akan sulit fokus dan berkonsentrasi. Hal ini akibat penurunan kemampuan kognitif.

Konsumsi kopi berlebihan juga bisa mengganggu kesuburan wanita. Beberapa masalah akibat konsumsi kopi lebih dari dua cangkir per hari antara lain, tuba falopi dan endometriosis. Penyakit ini ditandai dengan munculnya lapisan di dinding rahim bagian luar. Hal ini bisa mempengaruhi kesuburan wanita. Selain itu minum kopi berlebihan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Risiko lainnya adalah seorang wanita mengalami keguguran.

Sementara itu ahli nutrisi dan hormon Alisa Vitti yang mengelola situs floliving.com mengatakan asupan kafein berlebihan bisa menyebabkan pembentukan kista. Selain itu asupan kafein berlebihan juga bisa memicu tumbulnya tumor di payudara, meski bersifat jinak. Wanita dengan riwayat gangguan hormon sebaiknya tidak minum kopi karena bisa mempercepat pembentukan kista, terutama pada ovarium dan payudara fibrokistik,

Wanita yang terlalu berlebihan minum kopi juga cenderung mengalami perlambatan metabolisme. Tubuh wanita dirancang menghemat energi sebanyak mungkin. Jika diminum terlalu banyak, terutama saat perut kosong, kopi bakal memberikan efek  negatif. Metabolisme dalam tubuh wanita akan menjadi lebih lambat.

Saat metabolisme menjadi lambat tubuh akan kesulitan memproses cadangan makanan. Akibat yang paling terlihat adalah kelebihan berat badan atau kegemukan. Tubuh juga menjadi kekurangan energi dan mudah merasa lemas. Hal ini tentu menganggu aktivitas sehari-hari. Itulah sebabnya bagi para wanita sebaiknya membatasi asupan kafein, baik dari kopi maupun minuman berkafein lainnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI