Benarkah Mie Instan Hanya Sekadar ‘Pengganjal Perut’
berita
Sumber Foto : vemale.com
19 November 2019 08:00
Watyutink.com - Saat perut lapar dan tidak ada nasi, apa yang sering Anda makan? Mie instan sering menjadi pilihan. Banyak yang beranggapan mie instan bukanlah makanan yang mengenyangkan dan hanya sebagai pengganjal perut saja.

Tahukah Anda, ternyata mie instan mengandung kalori yang lebih tinggi daripada nasi?

Dalam satu kemasan mie instan seberat 35-40 gram mengandung 190 hingga 200 kalori. Sementara nasi putih dengan berat yang sama mengandung 46 kalori. Artinya kandungan kalori mie instan hampir lima kali lipat lebih banyak dari nasi. Terlebih saat makan mie instan seringkali kita manambahkan telur, sosis, kornet dan sebagainya. Tambahan bahan tersebut tentu saja akan menambah jumlah kalori yang kita konsumsi.

Uniknya, orang Indonesia seringkali justru menjadikan mie instan sebagai lauk yang dimakan bersama nasi. Akibatnya bisa ditebak, kalori yang masuk dalam tubuh kita menjadi berlipat-lipat ganda.  Padahal, dalam satu hari yang terdiri dari tiga kali makan, kebutuhan kalori wanita dewasa hanya sekitar 1.800-2.000 dan pria dewasa sekitar 2.200-2.400.

Selain kandungan kalorinya lebih tinggi, mie instan juga memiliki kandungan sodium atau garam yang tinggi. Kelebihan kandungan sodium menyebabkan beberapa penyakit, seperti  ginjal, tekanan darah tinggi, stroke, dan gangguan jantung.

Itulah sebabnya tidak disarankan mengkonsumsi mie instan dalam jumlah berlebih.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir