Benarkah Langsung Berdiri Saat Bangun Tidur Berbahaya bagi Kesehatan, Simak Penjelasannya
berita

23 August 2021 11:00
Watyutink.com - Apa yang Anda lakukan bangun tidur? Kebanyakan orang saat bangun tidur, langsung berdiri dan berjalan menuju kamar mandi. Terlebih jika bangun tidur kesiangan. Orang akan langsung menuju kamar mandi dan bersiap berangkat kerja, sekolah atau aktivitas lainnya.

Meski sudah lazim dilakukan banyak yang tidak menyadari kebiasaan ini salah, bahkan bisa berakibat fatal. Berbagai masalah kesehatan berpotensi terjadi akibat keseringan bangun tidur langsung berdiri menuju kamar mandi. Bahkan tak jarang kebiasaan itu berujung kematian.

Tahukah Anda, apa bahaya bangun tidur langsung berdiri?

Dokter spesialis jantung, Dr dr Muhammad Yamin, SpJP(K), FIHA, FACC, FSCAI, menyarankan saat bangun tidur sebaiknya biarkan tetap berbaring di tempat tidur. Jangan buru-buru bangkit sampai mata benar-benar terbuka.

Dr Yamin menerangkan kebiasaan langsung berdiri apalagi berjalan saat bangun tidur bisa berakibat buruk bagi sistem perbedaan darah, yang disebut postural hipotensi yakni
kondisi tekanan darah yang turun secara tiba-tiba saat seseorang bangkit dari duduk atau berbaring. Gejala khas dari kondisi yang juga disebut hipotensi ortostatik ini adalah pusing hingga pingsan.

Selain karena perubahan posisi tubuh dalam waktu singkat, postural hipotensi juga terjadi pada lansia, dan mereka yang mengalami mekanisme fisiologis terlambat. Pasien yang sedang menjalani pengobatan dengan obat antihipertensi juga kerap mengalami gejala tersebut.

Guna menghindari postural hipotensi ini, Dr Yamin menyarankan saat bangun tidur jangan langsung duduk atau berdiri, apalagi berjalan. Buka mata sampai benar-benar terbuka, lalu duduklah sejenak di tepi tempat tidur. Setelah tubuh merasa seimbang dan aliran darah lancar, baru berdiri dan berjalan.

Dr Yamin menjelaskan saat seseorang tertidur tekanan darah cenderung naik secara merata bahkan sampai otak. Ketika posisi tubuh berubah dari berbaring menjadi berdiri, terjadi perubahan tensi atau tekanan darah. Biasanya tekanan darah cenderung turun. Pasalnya konsentrasi darah akan turun ke kaki secara mendadak.

Kondisi tersebut menurut dokter yang berpraktik di Eka Hospital, BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ini menyebabkan refleks sistem saraf atau saraf pengendalian refleks menjadi terganggu. Kondisi inilah yang sering menyebabkan seseorang mengalami sinkope atau ketidakseimbangan sampai rasanya hampir pingsan karena suplai darah ke otak terganggu.

Sering kita mendengar ada orang bangun tidur lalu jatuh di kamar mandi. Kejadian tersebut salah satunya akibat sinkope. Meski tidak semua orang dipastikan bakal mengalaminya saat bangun tidur.

Setelah mengetahui potensi bahaya akibat kebiasaan yang salah saat bangun tidur, tidak ada salahnya kita memperbaikinya. Jangan langsung berdiri apalagi berjalan saat bangun tidur. Usahakan duduk tenang sampai tubuh benar-benar terasa seimbang.

Terlebih bagi umat Islam, sangat dianjurkan membaca doa bangun tidur,  Alhamdullillahilladzi ahyaanaa ba'da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur.

Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan.

Akan lebih baik jika dilanjutkan dengan  membaca dzikir pagi, Alhamdullillahilladzii 'aafaanii fii jasadii, wa rodda alayya ruuhii, wa adzina lii bi dzikri

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya.

Setelah itu barulah bangkit, berjalan ke kamar mandi, berwudhu dan sholat Subuh.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF