Benarkah Diet Karbohidrat Menyehatkan?
berita

16 October 2019 08:00
Watyutink.com - Anda pernah mendengar istilah ‘Diet Karbohidrat’? Istilah yang merujuk pada kebiasaan menghindari makan makanan yang mengandung karbohidrat. Diet ini dilakukan lantaran menganggap karbohidrat adalah nutrisi yang perlu dihindari. 

Tahukah Anda, sejatinya karbohidrat adalah karbohidrat termasuk nutrisi yang dibutuhkan tubuh?

Bersama protein, karbohidrat merupakan zat gizi utama yang terdapat dalam makanan sehari-hari. Karbohidrat penting bagi tubuh manusia, antara lain sebagai bahan bakar utama bagi tubuh untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan setiap aktivitas manusia.

Fungsi kedua untuk membatasi asupan kalori. Kandungan serat yang tinggi dari makanan yang mengandung karbohidrat akan membuat seseorang merasa kenyang. Dibandingkan lemak, karbohidrat juga mengandung lebih sedikit kalori. 

Ketiga, menjaga kesehatan jantung. Makanan berserat yang kaya akan karbohidrat mencegah kolesterol menumpuk dan menyumbat pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Berikutnya adalah menjaga fungsi pencernaan dan otak. Mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup membantu mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Selain itu kabprhodrat dapat mengaktifkan sel-sel yang dimiliki oleh otak. 

Jadi, masihkah enggan mengkonsumsi karbohidrat? 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas