Benarkah Brown Sugar Lebih Sehat untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes?
berita

26 March 2020 06:00
Watyutink.com – Kebanyakan orang menilai brown sugar lebih sehat dibandingkan dengan gula putih. Meskipun dibuat dari bahan yang sama, brown sugar disebut-sebut sebagai pilihan yang lebih alami. Anggapan ini membuat kebanyakan penderita diabetes lebih memilih gula ini untuk dikonsumsi.

Tahukah Anda jika kandungan brown sugar tidak ada bedanya dengan gula putih?

Brown sugar dan gula putih tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Brown sugar memiliki karbohidrat dan kalori lebih rendah dibandingkan gula putih. Selain itu gula jenis ini mengandung potassium, zat besi, dan kalsium yang lebih banyak, namun perbedaannya sangat kecil.

Karena perbedaanya yang sangat kecil ini, Brown sugar memiliki risiko yang sama dengan gula putih dalam peningkatan penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya. Selain itu gula jenis ini juga dapat meningkatkan gula darah pada tubuh. Otomatis hal ini berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, brown sugar dapat mengganggu sensivitas produksi insulin. Brown sugar bukan pilihan yang lebih baik dibanding gula putih. Baik brown sugar maupun gula putih harus dibatasi konsumsinya, terutama bagi penderita diabetes.

Meskipun memiliki perbedaan tampilan, namun brown sugar tidak memiliki perbedaan kandungan dengan gula putih. Bagi penderita diabetes, gula ini sebaiknya dihindari.

 (GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF