Benarkah Brown Sugar Lebih Sehat Bagi Penderita Diabetes?
berita
Sumber Foto : kompas.com
02 October 2019 09:00
Watyutink.com – Kebanyakan orang menilai brown sugar lebih sehat dibandingkan dengan gula putih. Meskipun dibuat dari bahan yang sama, brown sugar disebut-sebut sebagai pilihan yang lebih alami. Anggapan ini membuat kebanyakan penderita diabetes lebih memilih gula ini untuk dikonsumsi.

Tahukah Anda jika kandungan brown sugar tidak ada bedanya dengan gula putih?

Baca Juga

Brown sugar dan gula putih tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Brown sugar memiliki karbohidrat dan kalori lebih rendah dibandingkan gula putih. Selain itu gula jenis ini mengandung potassium, zat besi, dan kalsium yang lebih banyak, namun perbedaannya sangat kecil.

Karena perbedaanya yang sangat kecil ini, Brown sugar memiliki risiko yang sama dengan gula putih dalam peningkatan penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya. Selain itu gula jenis ini juga dapat meningkatkan gula darah pada tubuh. Otomatis hal ini berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Selain itu, brown sugar dapat mengganggu sensivitas produksi insulin. Brown sugar bukan pilihan yang lebih baik dibanding gula putih. Baik brown sugar maupun gula putih harus dibatasi konsumsinya, terutama bagi penderita diabetes.

Meskipun memiliki perbedaan tampilan, namun brown sugar tidak memiliki perbedaan kandungan dengan gula putih. Bagi penderita diabetes, gula ini sebaiknya dihindari.

 (GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas