Beda Stres dan Depresi
berita
Sumber Foto : dokter.id (gie/watyutink.com)
14 October 2019 09:00
Anda pernah mengalami permasalahan, baik di tempat kerja maupun di rumah? Permasalahan seringkali menjadi pemicu stres dan depresi.

Tapi, tahukah Anda, stress dan depresi adalah dua hal yang berbeda?

Stress biasanya dimulai dari banyaknya tekanan yang bisa jadi membuat Anda semakin bersemangat. Namun tekanan juga bisa berakibat Anda patah semangat dan cenderung ‘menyerah’.

Saat dilanda stres tubuh cenderung memproduksi berbagai hormon, seperti adrenalin, kortisol, dan norepinefrin. Hormon inilah yang membuat tubuh mendapat dorongan energi dan peningkatan konsentrasi. Inilah sebabnya banyak orang justru bisa berpikir jernih saat stres.

Sedangkan depresi adalah sebuah penyakit mental yang berdampak buruk pada tubuh manusia. Depresi bisa mengganggu suasana hati, perasaan, stamina, pola tidur, selera makan, dan tingkat konsentrasi. Depresi bukanlah gejala yang wajar dan harus disembuhkan.

Namun depresi tidak bisa disembuhkan seorang diri. Depresi membutuhkan batuan orang lain, terutama psikolog atau psikiater untuk melakukan konseling. Depersi tidak bisa dipandang remeh, sebab bisa mengganggu fungsi organ tubuh, seperti jantung, hati, dan otak.  

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas             Ironi yang Tak Pantas Dibiarkan Berulang             Pemerintah Harus Tunjukan Penggunaan Utang  Secara Produktif