Bawang Putih, Cara Sederhana Sembuhkan Gangguan Telinga
berita
Sumber Foto: grid.id
05 July 2020 17:45
Watyutink.com - Manfaat bawang putih untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Salah satu bumbu dapur utama ini diyakini kaya akan kandungan zat atau senyawa alami yang berguna untuk kesehatan, seperti kalori, karbohidrat, protein, zar besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, folat, kalsium dan seng.

Selain itu bawang putih juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, dan vitamin C. Itulah sebabnya bawang putih dikerap diolah menjadi jamu atau ramuan untuk menjaga kebugaran.

Namun umumnya bawang putih diolah dengan cara dimasak, ditumbuk atau cara lain. Nantinya ramuan bawang putih dimakan atau diminum sebagai obat dalam.

Tahukah Anda, ternyata ada cara memanfaatkan bawang putih tanpa mengonsumsinya?

Cara tersebut adalah dengan menempelkan atau meletakkan bawang putih pada telinga. Ambil bawang putih kupas dan bersihkan dengan cara dicuci menggunakan air bersih. Potong dan pilih bagian yang tengahnya lebih kuning.

Letakkan potongan bawang putih tersebut di lubang telinga tapi jangan terlalu dalam. Biarkan semalaman. Keesokan paginya, ambil dan buang bawang putih. Namun sebaiknya yang digunakan adalah bawang putih organik. Pasalnya jika menggunakan bawang putih non organik dikhawatirkan mengandung pestisida dan bahan kimia lainnya.

Cara yang terkesan sederhana ini ternyata memiliki manfaat yang cukup besar, terutama untuk kesehatan telinga. Berbagai ganggaun telingan bisa sembuh menggunakan cara ini. Salah satunya adalah sakit telinga. Berbagai senyawa dalam bawang putih seperti sufur, allicin dan minyak astiri diyakini mampu mengusir bakteri penyebab sakit telinga.

Selain itu meletakkan bawang putih di telingan bisa menyembuhkan infeksi telinga. Gangguan ini biasanya muncul akibat debu dan bakteri dalam telinga. Selain sebagai antibakteri, bawang putih juga memiliki manfaat antiseptik yang membersihkan telinga.

Bawang putih juga memiliki sifat antiradang. Itulah sebabnya meletakkan bawang putih di telinga juga berguna mengatasi radang dan pembengkakan, baik di telinga maupun bagian tubuh lainnya. Antibakteri dan antivirus dalam bawang putih juga mampu membunuh kuman dan bakteri dalam telinga.

Bawang putih juga mengandung potasium, kalsium dan serat. Selain itu juga memiliki kandungan vitamin B6 dan vitamin C. Hal ini bermanfaat meningkatkan dan memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh. Hanya dengan meletakkan bawang putih di telinga, tubuh terlindungi dari berbagai penyakit.

Meletakkan bawang putih di telinga juga berguna untuk menyingkirkan kotoran di organ pendengaran itu. Kebersihan telinga wajib dijaga untuk menghindari risiko infeksi penyebab penyakit telinga.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila