Bahaya Sahur dan Buka Puasa dengan Kopi, Bisa Picu Asam Lambung dan Dehidrasi
berita
Foto Istimewa
27 April 2020 16:47
Watyutink.com - Bulan Ramadhan bagi para penggemar kopi bisa jadi membuat suasana terasa lain. Kebiasaan ngopi di pagi hari harus terhenti untuk sementara. Pasalnya selama satu bulan penuh umat Islam harua berpuasa tidak makan dan minum, termasuk di pagi, siang, dan sore hari.

Akibatnya banyak penggemar kopi yang 'balas dendam.' Saat tiba waktu buka, nyurput kopi jadi kegiatan pertama yang dilakukan. Saat sahur pun tak jauh beda, kopi jadi sajian penutup sebelum memulai puasa.

Ternyata kebiasaan seperti itu tidak dianjurkan. Pasalnya kopi sebaiknya tidak diminum saat buka dan sahur. Alih-alih mendapat manfaat, berbuka dan sahur dengan kopi justru bisa berbahaya bagi kesehatan.

Tahukah Anda, mengapa kopi tidak dianjurkan diminum saat buka dan sahur?

Dokter spesialis gizi RS Pondok Indah, Jakarta dr.Raissa E Djuanda, MGizi, SpGK mengatakan kopi adalah minuman yang tinggi kadar kafein. Itulah sebabnya minum kopi saat sahur sebaiknya tidak dilakukan. Pasalnya konsumsi kafein saat berpuasa bisa memicu dehidrasi atau kekurangan cairan saat berpuasa.

Kafein bisa menyebabkan seseorang lebih sering buang air kecil. Hal inilah yang menyebabkan risiko dehidrasi saat berpuasa meningkat. Terlebih selama berpuasa tubuh benar-benar stop asupan cairan. Selain itu konsumsi kafein juga bisa menimbulkan kegelisahan dan insomnia atau gangguan tidur.

Sedangkan saat berbuka, perut dalam kondisi kosong setelah sekitar 14 jam berpuasa. Dalam kondisi seperti ini, perut sebaiknya diisi dengan makanan bergizi terlebih dahulu. Hal ini diyakini akan berdampak baik bagi kesehatan organ pencernaan seperti lambung dan usus.

Meski kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, minum kopi saat perut kosong sangat tidak dianjurkan, bahkan bisa berbahaya. Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan kadar asam lambung. Terlebih jika perut benar-benar dalam kondisi kosong. Peningkatan zat asam akan merusak dan melukai lapisan lambung.

Jika kebiasaan minum kopi saat berbuka dilakukan selama sebulan penuh, bahaya yang ditimbulkannya bisa lebih besar. Bahkan bisa mengganggu kelancaran melaksanakan ibadah puasa.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF