Bahaya Mengintai Akibat Minum Air Es Saat Berbuka, Sebabkan Migrain, Kembung, dan Penurunan Kekebalan Tubuh
berita

28 April 2020 17:30
Watyutink.com - Kedatangan bulan suci Ramadhan di tengan pandemi virus corona bisa menjadi berkah bagi umat Islam. Pasalnya berpuasa diyakini bisa memperkuat sistem imun. Seperti diketahui, sistem imun atau kekebalan tubuh berfungsi melindungi tubuh dari paparan atau penularan berbagai penyakit, termasuk virus corona. 

Namun manfaat dari berpuasa bagi kesehatan bisa hilang akibat kesalahan saat berbuka puasa. Alih-alih kekebalan tubuh menguat, kesalahan saat berbuka justru berpotensi melemahkan sistem imun. Bukannya tahan terhadap gangguan kesehatan, kesalahan saat berbuka justru bisa mengundang penyakit. 

Tahukah Anda, kesalahan apakah yang bisa melemahkan sist imun? 

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah langsung minum air es saat berbuka puasa. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi-Hepatologi dari RS Premier Jatinegara, Jakarta, DR. dr. Irsan Hasan, SpPD-KGEH mengatakan kebiasaan langsung minum air es atau air dingin bisa memicu penurunan sistem imun atau kekebalan tubuh. 

Jika hal ini terjadi di tengah pandemi atau penyebaran virus penyakit seperti saat ini tentu sangat berbahaya. Pasalnya tubuh jadi rentan terinfeksi virus penyakit, tak terkecuali virus corona. 

Saat menjadi narasumber di acara Hidup Sehat di TVOne, Selasa (28/4/2020) dr Irsan menjelaskan kebiasaan langsung minum air es juga bisa menyebabkan migrain atau sakit kepala sebelah. Pasalnya air dingin akan merangsang saraf dan menimbulkan kontraksi di kepala. Hal ini menyebabkan gangguan di otak dan kepala. 

Lambung juga bisa bermasalah lantaran minum air dingin saat berbuka puasa. Setelah kosong selama hampir 14 jam, minum air es akan membuat perut kembung. Minum dingin akan membuat lambung mengalami kontraksi. Akibatnya makanan jadi lambat turun dan tersimpang di lambung lebih lama. 

Padahal makanan, terutama karbohidrat akan memproduksi gas. Hal inilah yang berpotensi menyebabkan perut menjadi kembung. Termasuk dalam katagori air es adalah es buah, es teh, es sirup, atau minuman dingin lainnya. 

Namun dr Irsan manampik jika dikatakan minum air es menyebabkan batuk, khususnya pada pasien virus corona. Menurutnya belum ada penelitian ilmiah terkait hal itu. Batuk yang kerap muncul saat minum air es bisa jadi akibat alergi. 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF