Bahaya Dibalik Pemakaian Sandal Jepit
berita
Sumber Foto : ngopibareng.id
26 October 2019 09:30
Watyutink.com - Alas kaki apa yang paling nyaman dipakai saat santai. Sebagian besar akan menjawab sandal jepit. Bentuknya yang rata dan bantalan karet empuk membuat sandal ini nyaman dipakai.

Tapi tahukah Anda, sandal jepit sebenarnya bisa berbahaya?

Pemakain sandal jepit dapat berbahaya lantaran minim perlindungan terhadap kaki. Bentuk yang cenderung rata dan tidak memiliki bantalan pada tumit, membuat kaki bekerja keras mencengkeram agar sandal tidak terlepas.

Kondisi ini dapat mengakibatkan plantar fascia atau jaringan ikat yang melapisi telapak kaki meregang, begitu juga dengan otot telapak kaki. Bila terjadi terus menerus dapat menyebabkan kaki lelah dan nyeri  pada kaki terutama bagian tumit. Hal ini dapat mengubah gaya berjalan dan menyebabkan gangguan pergelangan kaki yang serius.

Selain itu penggunaan sandal jepit yang minim lengkungan juga dapat menyebabkan masalah punggung, lutut, dan menimbulkan peradangan pada telapak kaki. Kurangnya dukungan bagi telapak kaki saat berjalan, akan membuat jaringan ikat di telapak kaki terus menerus meregang. Akhirnya jaringan ikat ini melemah, membengkak, dan meradang.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

Salamudin Daeng

Anggota Institute Sukarno for Leadership Universitas Bung Karno (UBK)

FOLLOW US

Banyak Hal Harus Dibenahi dengan kebijakan Strategis dan Tepat             Pertumbuhan Konsumsi Berpotensi Tertahan             Amat Dibutuhkan, Kebijakan Pertanian yang Berpihak pada Petani!             Perekonomian Dunia Masih Dihantui Ketegangan dan Ketidakpastian             Revisi Aturan-aturan yang Tidak Pro Kepada Nelayan!             Kebijakan KKP yang Baru Harus Didukung             Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS