Bahan-bahan Ampuh Pengusir Nyamuk
berita

26 July 2019 17:45
Watyutink.com - Nyamuk merupakan salah satu serangga yang hampir ada di setiap rumah. Keberadaannya sering mengganggu aktivitas penghuni rumah. Tidak hanya mengganggu, ternyata nyamuk juga mendatangkan wabah penyakit, misalnya penyakit malaria, demam berdarah, chikungunya, demam kuning, ataupun filariasis (kaki gajah). Mengingat hal itu, perlu dilakukan upaya untuk mengantisipasi keberadaan nyamuk dalam rumah. Tidak perlu menggunakan bahan kimia berbahaya, basmi nyamuk dengan bahan alami tentu akan memberikan dampak positif bagi kesehatan keluarga. 

Tahukah Anda bahan-bahan apa saja yang ampuh mengusir nyamuk dari dalam rumah?

Salah satu benda yang sering dianggap sudah tidak berguna, ternyata memiliki manfaat untuk usir nyamuk adalah kulit jeruk. Nyamuk sangat membenci senyawa lemonade yang terkandung dalam kulit jeruk. Hal ini dikarenakan senyawa ini mampu merusak zat pelindung sistem pernafasan nyamuk. Mengusirnya dapat dilakukan dengan cara meletakkan kulit jeruk pada tempat-tempat yang sering terdapat nyamuk. Jangan lupa mengganti kulit jeruk yang sudah kering dengan kulit jeruk yang masih segar, karena kulit jeruk yang kering justru akan mengundang nyamuk.

Selain sebagai penyedap masakan, ternyata serai juga ampuh mengusir nyamuk dari dalam rumah. Kandungan atsiri dan sitronela dalam serai mampu menimbulkan aroma pekat yang tidak disukai oleh nyamuk. Cara menggunakannya dapat dilakukan dengan cara menjadikan minyak serai sebagai penyegar ruangan, ataupun dengan cara merebus serai selama beberapa menit, lalu air rebusan digunakan untuk mengepel lantai rumah. Lakukan setiap hari untuk memastikan nyamuk tidak bersarang dalam rumah.
 
Tidak hanya serai bumbu dapur yang dapat mengusir nyamuk, ternyata merica dan kayu manis juga sangat ampuh usir nyamuk. Aroma pedas menyengat pada lada membuat nyamuk tidak suka mendekatinya. Mengusirnya dapat dilakukan dengan cara meletakkan merica pada beberapa sudut ruangan yang sering dijadikan sarang nyamuk. Sedangkan kayu manis mengandung senyawa kimia cinnamaldehyde yang tidak disukai nyamuk. Mengusirnya dapat dilakukan dengan cara menaruh bubuk kayu manis pada sudut-sudut ruangan yang sering dijadikan sarang nyamuk, atau dengan cara merebusnya dan air rebusan disemprotkan pada bagian tubuh agar terhindar dari serangan nyamuk.

Selain itu, ternyata mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat melindungi tubuh dari serangan nyamuk. Kandungan nocoticin acid yang terdapat pada bawang membuat nyamuk tidak suka mendekat. Minyak yang terkandung dalam bawang putih akan dilepas melalui pori-pori tubuh, sehingga nyamuk enggan untuk mendekat. Jika tidak kuat dengan rasa penggarnya dan enggan untuk dimakan, dapat diganti dengan cara merebus bawang putih dengan air secukupnya, dan air rebusan dapat disemprotkan pada sudut-sudut rumah yang sering dijadikan sarang nyamuk. 

Untuk keadaaan darurat dapat menggunakan daun kemangi untuk mengusir nyamuk. Selain ampuh untuk mengusir bau badan, ternyata daun kemangi ampuh lindungi tubuh dari serangan nyamuk. Kandungan senyawa geraniol membuat nyamuk tidak ingin mendekatinya. Mengusirnya dapat dilakukan dengan cara menghaluskan beberapa daun kemangi lalu dioleskan pada bagian tubuh seperti tangan atau kaki.

Jika memiliki hobi berkebun, tidak ada salahnya memasukan Marigold dalam daftar tanaman Anda. Meskipun terlihat sepele, ternyata bunga Marigold ampuh mengusir nyamuk. Tanaman ini selain memiliki bunga yang cantik, ternyata aroma wangi dari bunga ini membuat nyamuk enggan untuk mendekat.

Jika yang alami masih ada, ngapain beli yang berbahan kimia?

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Konsep Sudah Benar, Implementasinya Gagal             Tugas Terbesar Negara, Mencerdaskan Bangsa!             Indonesia Butuh Terobosan-terobosan Progresif Bidang SDM             Penekanan pada Memobilisasi Kapasitas Modal Manusia Lokal Secara Otentik             Meritokrasi vs Kabilisme             Kendalikan Harga Pangan untuk Menekan Inflasi             Utang Semakin Besar, Kemampuan Membiayai Pembangunan Berkurang             Perhatikan Belanja Non K/L yang Semakin Membesar             GBHN Isu Elite Politik Saja             Kepentingan Politik Lebih Menonjol