Awas, Salah Gunakan Earphone Bisa Sebabkan Telinga Rusak Permanen
berita

17 November 2019 18:45
Watyutink.com - Salah satu aksesoris wajib yang menyertai smartphone kita adalah earphone. Bahkan aksesoris yang juga disebut dengan headset ini menjadi ‘andalan’ sebagian orang untuk menikmati musik, main game, atau menonton film. Sayangnya banyak orang yang salah dalam menggunakan earphone yang berakibat

Tahukah Anda, bagaimana cara menggunakan earphone yang benar?

Penelitian yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa 51 persen remaja di Amerika Serikat (AS) mengalami penurunan pendengaran akibat terlalu kencang saat mendengarkan musik. Penyebab terbesarnya adalah penggunaan earphone dengan volume terlalu kencang.  

Resiko tersebut menjadi semakin tinggi manakala menggunakan earphone di tempat bising. Pasalnya, tanpa disadari kita akan semakin menambah volume lagu yang didengarkan saat berada di tempat bising. Hal lain yang beresiko menurunkan pendengaran adalah menggunakan earphone sembari melakukan aktivitas berat seperti olah raga.

Kebiasaan cara pakai earphone yang salah juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada telinga, seperti rasa nyeri serta telinga terasa penuh dan berdenging.

MRC Institute of Hearing Research melaporkan volume suara musik rata-rata dari penggunaan earphone normalnya bisa sebesar 95-105 desibel. Penggunaan hingga diatas 105 desibel sudah dianggap berbahaya bagi pendengaran.

Ketika terus-terusan didera oleh volume kencang, sel-sel sensorik di dalam telinga akan kelelahan. Salah satu gejalanya adalah telinga berdengung dan pendengaran jadi tidak sejernih sebelum pakai earphone. Namun, biasanya keluhan ini akan membaik setelah mengistirahatkan telinga.

Dalam jangka panjang volume suara kencang lambat akan merusak sel-sel sensorik dan stereocilia, rambut halus dalam telinga secara permanen. Padahal sel-sel itulah yang bertugas mengantarkan getaran suara yang ditangkap ke otak. Hal ini akan menyebabkan penurunan pendengaran permanen.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan earphone. Berapa kali kita membersihkan earphone? Chiranjay Mukhopadhyay dari Manipal Academy of Higher Education, India mengatakan pada earphone kotor setidaknya terdapat  68 persen bakteri yang dapat meningkatkan risiko infeksi telinga yang disebut otitis eskterna.

Oleh karena itu agar aman saat menggunakan earphone dengarkan musik dengan volume setengah dari volume kebisingan atau sekitar 85 desibel. Jangan gunakan earphone lebih dari 1,5 jam. Selain itu rajinlah membersihkan earphone dan jangan dipinjamkan kepada orang lain.

Bila Anda akan melakukan suatu aktivitas di tempat bising, cobalah luangkan waktu untuk berhenti sejenak dan pergi ke tempat sepi untuk mengistirahatkan telinga Anda sebelum kembali ke tempat tersebut. Dan ingat, jangan menggunakan earphone di jalan raya sebab dapat menimbulkan kecelakaan lantaran kita tidak bisa mendengarkan suara klakson atau peringatan lainnya.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

YB. Suhartoko, Dr., SE., ME

Dosen Program Studi Ekonomi Pembangunan, Keuangan dan Perbankan Unika Atma Jaya Jakarta

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir