Apakah Kopi Sisa Pagi Masih Aman Diminum Sore Hari, Simak Penjelasannya
berita
Sumber Foto : doktersehat.com
21 February 2021 17:00
Watyutink.com - Bagi para pecinta kopi rasanya tidak ingin melewatkan setiap saat tanpa menikmati minuman kegemarannya. Tiada hari tanpa secangkir kopi.

Seringkali kopi tersebut dinikmati secara perlahan, sesruput dengan sesruput, seteguk demi seteguk. Terlebih kopi seringkali dinikmati dalam kondisi panas. Hal ini yang kerap menjadikan kopi dinikmati dalam waktu yang tidak sebentar.

Terkadang hal itu membuat secangkir kopi tidak bisa dinikmati sampai habis. Pasalnya beragam kesibukan dan aktivitas sudah menanti. Kopi yang dinikmati pun jadi tersisa. Sebagian orang kerap menyimpan kopi yang dinikmati di pagi hari dan meminumnya kembali pada siang atau sore hari.

Hal itu menimbulkan pertanyaan, apakah sisa kopi pagi masih aman diminum siang atau sore hari.

Tahukah Anda berapa lama sebenarnya kopi bisa dinikmati setelah diseduh?

Juri Barista Internasional Tuti Hasanah Mochtar mengatakan tidak semua kopi bisa diminum kembali setekah didiamkan dalam waktu lama. Dikutip dari kumparan, Tuti menyebut hal itu tergantung jenis kopinya.

Tuti menjelaskan kopi yang mengandung susu tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Tuti menyebut kopi susu hanya mampu bertahan selama dua jam. Menurutnya susu dan produk dairy lainnya memang tidak bisa bertahan lama dalam suhu ruang. Begitu juga susu yang tercampur dalam kopi.

Meski kopi susu diseduh dengan air panas tapi lama kelamaan akan menjadi dingin. Itulah sebabnya kopi susu sangat dianjurkan dihabiskan segera setelah diseduh. Jika tersisa sebaiknya tidak diminum lagi atau dibuang.

Sedangkan kopi hitam bisa bertahan lebih lama. Jika kopi hitam diseduh pagi hari, sampai sore bahkan malam masih bisa diminum. Meski terkadang rasanya sudah tidak lagi senikmat pagi hari saat baru diseduh. Tapi kopi hitam jangan disimpan lebih dari satu hari.

Selain itu ketahanan kopi juga tergantung kualitas dan proses menyeduhnya.  Reporter Buzzfeed, Leslie Stephens mengatakan berapa lama kopi mampu bertahan setelah diseduh tergantung beberapa hal, sepertu kualitas air, proses pengolahan biji kopi, cara penyeduhan, dan penyimpanan bubuk kopi.

Kevin Sinnott, penulis buku "The Art and Craft of Coffee" menyatakan, kopi yang baru dipanggang bisa bertahan hingga dua minggu. Kopi yang baru digiling menurutnya bisa bertahan selama satu jam. Sedangkan kopi yang diseduh hanya bisa bertahan selama 30 menit.

Agar bisa dinikmati kembali disiang atau sore hari, kopi pagi bisa dipanaskan lagi menggunakan microwave. Namun rasanya tidak akan sama. Hal ini lantaran kopi sudah melalui proses oksidasi. Reaksi kimia tersebut menyebabkan kerusakan bahan organik. Ditandai dengan kopi sisa sering terasa lebih asam dan cenderung lebih pahit.

Itulah sebabnya kopi sebaiknya dihabiskan tak lama setelah diseduh. Jika ingin menikmati lagi sebaiknya seduh kopi baru yang lebih segar karena rasanya dijamin lebih nikmat dibandingkan meminum kembali kopi sisa.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI