Apa Benar Isi Bensin Malam Hari Dapat Takaran Lebih Banyak?
berita
Sumber Foto : merdeka.com
07 October 2019 16:45
Watyutink.com – Anggapan yang masih dipegang teguh oleh pengendara salah satunya mengisi bensin di SPBU saat malam hari akan mendapatkan takaran yang lebih banyak. Alasan yang mendasari dari munculnya anggapan ini karena karakter bahan bakar yang mudah menguap saat siang hari, terlebih lagi jika bahan bakar ditempatkan pada tangki yang terbuat dari bahan logam. Pemuaian pun dirasa lebih cepat.

Tahukah Anda bahwa takaran bensin yang didapat saat pengisian malam atau siang hari tidak berbeda signifikan?

Baca Juga

Menurut Specialist Process Development PT Pertamina (Persero) Wawan Rustyawan, anggapan ini berdasarkan teori jika malam hari temperatur lebih rendah, dan Bahan Bakan Minyak (BBM) memiliki sifat yang sensitif terhadap perubahan temperatur.

Lebih lanjut, Wawan menjelaskan, pada suhu dingin, BBM akan menyusut menjadi lebih padat, dan saat suhu panas BBM akan mengembang. Namun perbedaan berat antara keduanya tidaklah signifikan. Perbedaan paling hanya 10 sampai 20 cc saja.

Dapat disimpulkan, perbedaan berat dalam satuan isi liter bensin di siang hari dan malam hari tidaklah berpengaruh jika pengendara hanya mengisi beberapa liter saja. Perbedaan ini akan signifikan jika pengendara membeli BBM dalam jumlah sangat banyak.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas