Anyang-anyangan, Gejala Awal Infeksi Saluran Kemih, Sembuhkan dengan Ramuan Alang-alang dan Sereh
berita
Anyang-anyangan
13 May 2020 16:43
Watyutink.com – Pernahkah Anda mengalami buang air kecil tidak tuntas? Kondisi ini terasa mengganggu lantaran kerap menimbulkan rasa nyeri saat buang air setelahnya. Beberapa orang, menyebut gangguan kesehatan ini adalah anyang-anyangan.  Gangguan kesehatan ini tidak bisa dianggap remeh. Jika tidak segera ditangani anyang-anyangan akan menimbulkan gangguan kesehatan yang semakin parah.

Itulah sebabnya anyang-anyangan harus segera disembuhkan. Seringkali orang yang menderita anyang-anyang akan menggunakan obat-obatan kimia untuk menyembuhkannya. Padahal sebenarnya penyakit ini bisa disembuhkan dengan bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda, bagaimana cara menyembuhkan anyang-anyangan?

Anyang-anyangan dalam istilah medis disebut disuria adalah gangguan berupa munculnya nyeri atau perih saat buang air kecil. Keluhan ini kerap dirasakan pada orang yang memiliki gangguan saluran kemih. Para ahli mengatakan anyang-anyangan adalah awal atau pertanda gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan gangguan prostat. Anyang-anyangan juga bisa menjadi pertanda penyakit seksual menular, seperti gonore dan klamidia.  

Penderita anyang-anyangan tentu saja sangat tidak nyaman. Selain menimbulkan nyeri, gangguan kesehatan ini membuat penderitanya bolak-balik ke kamar mandi atau toilet untuk buang air kecil. Namun meski keinginan buang air kecil sangat besar, air seni atau urine yang keluar hanya sedikit.

Itulah sebabnya perlu dicegah agar tubuh tidak terserang anyang-anyangan. Salah satu caranya dengan tidak membiasakan menahan buang air kecil. Meski saat buang air kecil terasa sakit, penderita anyang-ayangan tidak boleh menahan keinginan buang air kecil. Pasalnya air seni yang tetahan justru mempermudah perkembangan bakteri yang akan semakin memperburuk keadaan.  Itulah sebabnya buang air kecil tidak boleh ditanah.

Selain itu sangat dianjurkan memperbanyak minum air putih, setidaknya delapan gelas sehari. Disamping mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan, konsumsi air putih juga akan memperlancar buang air kecil. Sehingga bakteri yang terdapat dalam saluran kemih akan terbuang melalui air seni atau urine.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari juga haris diperhatikan. Sebaiknya hindari yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan cokelat. Hindari pula makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, telalu pedas, atau asam. Minuman beralkohol juga harus dihindari.

Gunakan selalu pakaian yang longgar dan nyaman. Pasalnya pakaian yang ketat akan membuat daerah vital lembab dan hangat. Hal ini menyebabkan bakteri mudah tumbuh dan menyebabkan anyang-anyangan.

Saat sudah terserang anyang-anyangan, biasanya mengompres bagian bawah perut dengan handuk yang telah direndam air hangat. Lakukan selama 15 menit, dua atau tiga kali sehari. Hal ini diyakini akan meredakan anyang-anyangan.

Bisa juga dengan mengonsumsi ramuan akar alang-alang dan serai atau sereh. Caraya, siapkan 10 gram akar alang-alang, tiga gram sereh dan 300 mililiter air putih. Rebus semua bahan tersebut hingga mendidih. Selajutnya angkat dan diamkan hingga hangat lalu saring. Untuk menambah rasa bisa juga ditambahkan madu atau jahe.

Minum secara rutin hingga anyang-anyang sembuh. Ramuan tersebut juga bermanfaat menurunkan kolesterol, memperkuat ginjal dan sebagai sarana detox atau membuang racun dari ginjal.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF