Aneka Manfaat dalam Tiap Lembar Kubis, Cegah Katarak, Serangan Jantung, Hipertensi dan Osteoporosis
berita
Sayur Kubis
25 May 2020 17:15
 

Watyutink.com - Siapa yang tidak mengenal sayur kubis. Sayuran yang juga bernama kol ini sering dijadikan aneka menu masakan. Selain itu kubis juga enak dimakan langsung sebagai lalapan.

Kubis sangat mudah diperoleh, baik di supermarket atau pasar tradisional. Harganya pun sangat terjangkau. Itulah sebabnya kubis atau kol kerap dijadikan pilihan untuk menu makan sehari-hari.

Ternyata selain enak dan murah, kubis juga sehat. Pasalnya sayuran berbentuk lembaran berwarna hijau terang ini kaya akan kandungan nutrisi. Itulah sebabnya kubis sangat baik dikonsumsi sehari-hari.

Tahukah Anda, apa saja manfaat sayur kubis bagi kesehatan?

Kadungan nutrisi yang terkandung dalam kubis sangat beragam, seperti protein, serat, kalsium, folat, potasium, magnesium, dan mangan. Sedangkan vitamin yang dimiliki kol adalah vitamin A, B2, B6, B9, C, dan K. Selain itu kandungan kalori dari sayur ini yang sangat rendah.

Hal inilah yang membuat kubis kaya akan manfaat bagi kesehatan, salah satunya mencegah penyakit kanker. Pasalnya kubis memiliki senyawa antikanker bernama sulforaphane dan apigenin. Senyawa tersebut bermanfaat menurunkan risiko kanker, seperti payudara dan paru-paru.

Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, kubis sebaiknya dimakan mentah atau tanpa dimasak terlebih dahulu. Salain mencegah kanker, mengonsumsi kubis mentah juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun.

Kubis diketahui adah sumber polifenol yang sangat baik bagi tubuh. Senyawa ini bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan mencegah terbentuknya platelet. Selain itu kubis berguna mengontrol kadar kolesterol dalam darah tetap normal.

Kubis juga mampu menjaga tekanan darah tetap normal. Pasalnya kubis, terutama kubis merah kaya akan kandungan antosianon flavonoid yang mampu menjaga tekanan darah. Flavonoid juga dapat menurunkan tekanan dan kekakuan pada pembuluh darah arteri. Hal inilah yang membuat kubis efektif mencegah serangan jantung.

Kubis juga berguna bagi kesehatan organ pencernaan. Pasalnya kubis kaya akan kandungan serat tak larut yang mampu meredakan konstipasi serta gangguan pencernaan lainnya. Serat dalam kubis juga  bermanfaat bagi pertumbunan bakteri baik dalam usus.

Sedangkan kandungan vitamin A dalam kubis sangat baik untuk kesehatan mata. Salah satunya mencegah penyakit katarak. Kubis adalah sumber beta karoten yang baik bagi kesehatan mata dan mencegah terbentuknya katarak.

Kubis juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Pasalnya kubis memiliki kandungan vitamin K yang bisa mencegah pelemahan dan kerusakan saraf. Itulah sebabnya rutin mengonsumsi kubis berguna untuk kesehatan otak.

Kubis atau kol juga mampu menjaga kesehatan tulang. Pasalnya kubis mengandung aneka mineral yang bermanfaat untuk tulang, seperti kalsium, magnesium, dan potassium. Beberapa minerl tersebut dapat mencegah penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia

Edgar Ekaputra

Pakar Industri Keuangan dan Ekonomi, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

Lia KIan, Dr.

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila