Anda Jomblo, Segeralah Menikah Agar Terhindar dari Sakit Maag
berita
Sumber Foto: doktersehat.com
13 October 2019 16:50
Watyutink.com - Anda masih jomblo atau belum menikah, padahal usia sudah memungkinkan? Jika benar, sebaiknya Anda berhati-hati terutama terhadap masalah kesehatan perut. Pasalnya beberapa ahli menyebut status pernikahan berkaitan dengan munculnya penyakit maag.

Tahukah Anda, apa hubunganya status jomblo dengan sakit maag?

Maag adalah penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Penyakit ini kerap menimbulkan rasa tidak nyaman di perut. Bahkan seringkali maag disertai rasa perih dan mual di perut serta dada.

Ternyata salah satu penyebab serangan maag adalah status seseorang yang belum menikah. Pakar kesehatan dari Klinik Psikologi Universitas Indonesia (UI) Sri Juwita Kusuma M.Psi menyatakan seseorang yang jomblo padahal usianya telah lebih dari dewasa rentan terhadap serangan penyakit maag. Hal ini lantaran seseorang yang masih sendiri akan lebih mudah mengalami stres.

Berbeda dengan seseorang yang sudah menikah. Memiliki pasangan membuat seseorang lebih mudah menemukan dan menentukan kepuasan hidup serta terhindar dari stres. Padahal menurut Juwita, stres memiliki andil yang cukup besar terhadap serangan maag.

Juwita menyebut pengalamannya menangani beberap pasien berusia di atas 20 tahun yang belum menikah kerap mengalami sakit maag. Umumnya mereka mengeluhkan masalah jodoh dan pekerjaan yang menyebabkan stres.

Sementara itu, pakar kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Ari Fahrial Syam, SpPD, membenarkan stres berperan besar pada serangan penyakit maag. Selain itu jomblo atau belum menikah juga bisa memicu penyakit maag.

Bukan hanya terhadap mereka yang jomblo, orang tua dari anak yang tak kunjung menikah juga rentan terkena maag. Meski pun diakui kasus ini tidak terlalu banyak.

Itulah sebabnya, jika Anda masih jomblo dan sering menderita maag, sebaiknya segeralah menikah. Hal ini diyakini akan membuat perut Anda lebih nyaman.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Defiyan Cori, Dr.

Ekonom Konstitusi

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

FOLLOW US

Figur Menjadi Penting untuk Melaksanakan Dua Peran BUMN             Restrukturisasi, Reorganisasi untuk Efisiensi dan Efektivitas BUMN             Kembalikan Proses Pemilihan Pejabat BUMN kepada Spirit Reformasi             Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah