Anak Kecanduan Gadget? Ini Tips Mengatasinya
berita

25 August 2020 06:00
Watyutink.com – Saat ini hampir semua orang memiliki gadget, bahkan anak-anak sekalipun. Mencegah kecanduan gadget pada anak menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Pasalnya kecanduan gadget bisa menjadi masalah mental yang serius. Tak khayal banyak anak-anak kecanduan gadget harus berakhir dalam perawatan intensif di rumah sakit jiwa.

Tahukah Anda tips untuk mencegah kecanduan gadget pada anak?

Ciptakan quality time bersama anak

Berinteraksi pasif dengan gadjet terbukti kurang menguntungkan bagi perkembangan sosial-emosional pada anak dibandingkan dengan berinteraksi aktual dengan orang tua. Semakin banyak waktu bermakna yang dihabiskan bersama, semakin kecil waktu anak berkutat dengan gadjet. Hal ini otomatis akan menciptakan ikatan yang lebih erat antara anak dan orang tua. Ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama, seperti membaca buku bersama, masak bersama, mengobrol, hingga berlibur bersama.

Batasi penggunaan gadjet pada anak

Meniadakan sama sekali interaksi anak dengan gadget sulit untuk dilakukan mengingat saat ini banyak sekolah yang mulai mengadaptasi teknologi sebagai bagian dari strategi pengajaran. Tak jarang penugasan menggunakan teknologi dan menuntut kehadiran internet. Untuk itu, orang tua harus menerapkan batasan penggunaan gadget yang tepat dan bijaksana baik dari segi waktu maupun penggunaan aplikasi.

Tarik perhatian anak dengan melakukan hal lain

Anak biasanya mudah tertarik dengan sesuatu. Mencegah kecanduan gadget pada anak dapat dilakukan dengan menawarkan suatu kegiatan untuk mengisi waktu santainya, seperti olahraga, les kegiatan seni, les musik, ataupun yang lainnya. Memiliki jadwal kegiatan yang rutin membuat anak tidak terlalu aktif dengan gadget. Disisi lain dapat merangsang kreativitas mereka.

(GD)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF