Aliran Darah Lancar dengan Rutin Minum Ramuan Jahe, Kunyit dan Kencur
berita

20 September 2020 17:45
Watyutink.com - Darah adalah salah satu bagian paling dalam tubuh. Pasalnya darah bertugas membawa oksigen, makanan, dan nutrisi bagi tubuh. Itulah sebabnya aliran darah harus selalu dijaga. Jangan sampai aliran darah terhambat.

Beragam gangguan kesehatan bakal muncul jika aliran darah terhambat. Aliran darah harus selalu lancar untuk mencegah berbagai penyakit.

Seringkali orang mengonsumsi obat atau suplemen buatan pabrik guna memperlancar darah. Padahal sejatinya aliran darah dalam tubuh bisa diperlancar menggunakan bahan-bahan alami atau herbal.

Tahukah Anda bahan alami apa yang berguna memperlancar aliran darah?

Di dalam tubuh manusia terdapat 60 ribu mil pembuluh darah. Jika 1 mil setara dengan 1,6 kilometer, artinya dalam tubuh manusia terdapat pembuluh darah sepanjang 96 ribu kilometer. Besama organ lain, seperti jantung dan otot, pembuluh sepanjang 96 kali pulau Jawa itu membentuk sistem peredaran darah.

Jaringan pembuluh darah itu bertugas membawa darah yang berisi nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh, termasuk sel-sel berukuran kecil. Itulah sebabnya, aliran darah harus dijaga agar selalu berjalan lancar. Jika aliran darah terhambat atau tidak lancar, asupan nutrisi untuk sel-sel tubuh pun menjadi terganggu. Akibatnya berbagai gangguan kesehatan pun akan dirasakan. Jika dibiarkan, sel-sel tubuh akan mengalami kerusakan akibat asupan nutrisi terganggu.  

Sebagian orang mengonsumsi suplemen atau obat kimia untuk memperlancar darah. Padahal sebenarnya aliran darah bisa diperlancar menggunakan bahan alami, yakni jahe, kunyit, dan kencur.

Jahe adalah bahan alami yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti magnesium, seng, dan potassium. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat mencegah terjadinya inflamasi yang kerap menghambat sirkulasi darah. Selain itu, jahe juga bisa menurunkan kadar kolesterol di pembuluh arteri sehingga membantu melindungi kesehatan jantung.

Pakar kesehatan herbal, dr Zaidul Akbar melalui akun instagramnya membagikan resep minuman pelancar darah dengan bahan, satu ruas jahe, satu ruas kunyit, satu ruas kencur, tiga hingga lima butir kapulaga, kayu manis dan gula aren secukupnya.

Bakar jahe, kunyit, dan kencur lalu iris tipis. Seduh dengan 300 mililiter air panas. Tambahkan kapulaga, kayu manis dan gula aren. Aduk dan biarkan sejanak agar semua bahan tercampur secara merata. Selanjutnya minum selagi hangat. Lakukan rutin dan dapatkan manfaatnya. Selain aliran darah lancar, jantung dan pencernaan menjadi lebih sehat.

Selain memperlancar aliran darah, rutin minum ramuan jahe bisa menyebabkan tubuh lebih bugar. Terlebih jahe juga bermanfaat menjaga kesehatan organ pencernaan. Jahe kaya akan kandungan serat yang mencegah sembelit atau susah buang air besar. Jahe juga membantu mengendalikan kelebihan asam lambung dan pembentukan gas di usus.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF