Air Rebusan Daun Sisik Naga, Obat Alami Sembuhkan Rematik, Sariawan, TBC, dan Atasi Masalah Kulit
berita
Daun Sisik Naga
14 November 2020 17:33
Watyutink.com - Nama daun sisik naga mungkin terdengar asing. Tapi jika melihatnya langsung, Anda pasti mengenal daun sisik naga. Pasalnya tanaman ini banyak tumbuh di berbagai tempat. Itulah sebabnya tanaman sisik naga mudah dikenali, terutama dari bentuknya dan cara hidupnya.

Ternyata sisik naga bukan hanya mudah dikenali tapi juga memiliki banyak manfaat. Daun sisik naga diyakini mengandung beragam nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Daun sisik naga sudah lama dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai penyakit.

Tahukah Anda apa saja manfaat daun sisik naga untuk kesehatan?

Daun sisik naga termasuk dalam golongan tanaman epifit. Artinya, tanaman ini hidup secara menumpang pada pohon atau tumbuhan lain. Namun sisik naga bukan parasit lantaran tidak mengambil makanan dari pohon tempatnya tumbuh menumpang. Sisik naga bisa menghasilkan makanannya sendiri.

Sisik naga banyak ditemukan di daerah tropis. Tanaman ini paling suka hidup di tempat yang agak lembab dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Daun sisik naga berbentuk oval dengan panjang sampai 5 sentimeter dan lebar sampai 2 sentimeter. Sisik naga berkembang biak dengan spora dan pemisahan akar.

Sisik naga mengandung gula, minyak asiri, tannin, sterol, flavonoid dan fenol. Hal inilah yang membuat daun sisik naga bermanfaat sebagai obat berbagai jenis penyakit. Diantaranya untuk mengobati gondongan (parotitis), tubercolosis (TBC) kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening (skrofuloderma), dan TBC paru disertai batuk darah.

Selain itu daun sisik naga juga bisa menjadi obat untuk penyakit kencing nanah (gonore). pendarahan, luka berdarah, mimisan, berak darah, muntah darah, perdarahan pada perempuan, rematik, keputihan (leukore), dan kanker payudara.

Untuk mendapatkan manfaatnya, rebus daun sisik naga sebanyak 15-60 gram. Biarkan sampai mendidih lalu angkat dan saring. Minum air rebusan selagi hangat. Air rebusan daun sisik naga juga bisa dijadikan obat kumur untuk mengatasi sariawan.

Daun sisik naga juga bisa dijadikan obat luar untuk mengatasi penyakit kulit seperti kudis,  koreng, kurap, radang kulit bernanah, radang kuku, atau luka berdarah. Caranya, haluskan 15-60 gram daun sisik naga. Balurkan ramuan tersebut di bagian kulit yang bermasalah.

Daun sisik naga juga berguna sebagai obat radang gusi (gingivitis). Caranya, cuci daun sisik naga secukupnya sampai bersih. Kunyah dan biarkan kunyahan daun sisik naga cukup lama di bagian gusi yang terkena radang. Lalu buang ampasnya. Lakukan tiga atau empat kali sehari, sampai sembuh.

Penderita rematik juga bisa memanfaatkan daun sisik naga. Terutama untuk rematik jaringan lunak (nonartikuler). Cuci 15-30 gram daun sisik naga segar. Rebus dengan air tiga gelas ukuran sedang. Biarkan mendidih dan tersisa satu gelas. Saring dan minum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Daun sisik naga juga bisa menjadi obat alternatif untuk sakit kuning (jaundice). Caranya, cuci 15-30 gram daun sisik naga segar sampai bersih. Rebus bersama tiga gelas air, biarkan sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minum selagi hangat, tiga kali sehari masing-masing sstengah gelas.

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF