6 Oktober, Instagram Pertama Kali Diluncurkan
berita
Foto Istimewa
06 October 2019 09:30
Watyutink.com – Siapa yang tidak kenal media sosial Instagram? Sama seperti media sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter, Instagram atau sering hanya disebut sebagai 'IG' atau 'Insta' paling banyak menguasasi ranah interaksi sosial di dunia maya saat ini. Hampir sebagian besar pengguna Facebook juga mempunyai akun instagram. Instagram malah menjadi sarana media promosi utama saat ini. Kendati sering dipakai sebagai sarana jualan dan branding, tetap saja daya tariknya sulit ditolak.

Tahukah Anda, bagaimana awalnya Instagram dibuat hingga digemari saat ini?

Hari ini sembilan tahun yang lalu, tepatnya 6 Oktober 2010, Instagram pertama kali dirilis. Perancang awalnya adalah Kevin Systrom dan Mike Krieger,  CEO dari Burn. Inc, perusahaan yang berdiri sejak tahun 2010.

Awalnya mereka membuat aplikasi yang dapat dipergunakan di iPhone, tetapi isinya terlalu banyak fitur-fitur yang sulit untuk digunakan atau dikurangi. Tapi akhirnya mereka berdua berfokus pada bagian foto, komentar dan kemampuan untuk menyukai foto. Maka lahirlah Instagram.

Instagram sendiri berasal dari penggabungan kata “instan” dan “telegram”. Kata "instan" disingkat menjadi "insta", karena Instagram dapat menampilkan foto-foto secara instan seperti kamera polaroid yang dikenal saat itu. Sedangkan untuk kata "gram" berasal dari kata "telegram", yang cara kerjanya untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Jadi, Instagram adalah suatu aplikasi untuk menampilkan foto-foto secara “instan” dan dapat dikirimkan secara cepat.

Saat ini Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

Satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 atau 16:9 yang umum digunakan oleh kamera pada peranti bergerak.

Pada tanggal 9 April 2012, Facebook mengambil alih Instagram. Sedangkan pada 11 Mei 2016 Instagram mulai memperkenalkan tampilan baru sekaligus ikon baru dan desain aplikasi baru, yang terinspirasi dari kamera sederhana dan pelangi hidup dalam bentuk gradient. (kan)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas