5 Negara dengan Jaminan Kesehatan Terbaik di Dunia
berita

10 September 2019 09:00
Watyutink.com – Hampir semua negara memiliki asuransi jaminan kesehatan termasuk Indonesia. Di saat Indonesia dihadapkan dengan polemik naiknya iuran asuransi jaminan kesehatan (BPJS), sejumlah negara telah memiliki asuransi jaminan kesehatan terbaik di dunia. 

Tahukah Anda negara-negara dengan asuransi jaminan kesehatan terbaik di dunia?

Perancis ditetapkan oleh WHO sebagai negara terbaik dalam memberikan perawatan kesehatan bagi seluruh warga negaranya. Melalui pajak penghasilan, pemerintah Perancis menanggung sekitar 75 persen biaya kesehatan warganya.

Baca Juga

Swiss memberikan subsidi kepada warganya yang tidak mampu mengakses asuransi kesehatan swasta. Pemerintah Swiss menghabiskan sekitar 11,4 persen dari produk Domestik Bruto (PDB) untuk kesehatan. Tidak mengherankan jika hampir 99,5 persen warganya memiliki asuransi kesehatan. 

Inggris membayar warga negaranya agar memiliki asuransi kesehatan. Selain itu pemerintah Inggris juga membayar dokter agar tetap menjalankan rumah sakit dan fasilitas medis. Pemerintah inggris mengalokasikan dana melalui uang pembayar pajak untuk pelayanan kesehatan.

Italia merupakan negara yang mewajibkan warganya memiliki asuransi kesehatan. Pemerintah Italia akan memberikan subsidi bagi warganya yang tidak mampu mengakses asuransi kesehatan swasta. Semua perawatan kesehatan termasuk obat-obatan, rawat jalan, dan perawatan gigi akan disubsidi oleh pemerintah.

Taiwan merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki sistem perawatan kesehatan terbaik. Seluruh warga negaranya dilindungi asuransi kesehatan yang dibayarkan oleh pemerintah Taiwan. Selain itu, pemerintah Taiwan menerapkan Smart Card yang berisi seluruh infomasi riwayat medis para pasien.  

Mampukah Indonesia menjadi salah satu bagian dari negara-negara dengan asuransi jaminan kesehatan terbaik di dunia?

(Zc)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

M. Rizal Taufikurahman, Dr.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-1)             Pengaruh High Class Economy dalam Demokrasi di Indonesia (Bagian-2)             Perlu Revisi Undang-Undang dan Peningkatan SDM Perikanan di Daerah             Antisipasi Lewat Bauran Kebijakan Fiskal – Moneter             Perkuat Industri Karet, Furnitur, Elektronik Hadapi Resesi             Skala Krisis Mendatang Lebih Besar dari 1998