5 Bumbu Dapur yang Ampuh Obati Asam Urat dan Cara Mengolahnya
berita

09 December 2021 16:15
Watyutink.com - Asam urat adalah gangguan kesehatan yang sangat menganggu. Pasalnya penyakit ini menyerang persendian yang mempunyai peran penting bagi tubuh untuk beraktivitas. Saat terserang asam urat, persendian akan terasa sangat sakit. Akibatnya tubuh sulit bergerak dan tidak bisa beraktivitas. 

Para penderita seringkali mengandalkan obat-obatan kimia untuk mengatasi masalah asam urat. Padahal sejatinya, asam urat bisa diatasi menggunakan obat tradisional atau ramuan alami. Para ahli menyebut penggunaan ramuan atau bahan alami atau herbal lebih dianjurkan lantaran bebas dari kandungan kimia yang bisa jadi menimbulkan efek samping.

Tahukah Anda, apa bahan alami yang bisa mengatasi asam urat?

Penyakit asam urat disebut juga gout adalah penyakit yang menyerang persendian. Penyakit ini terjadi lantaran kadar asam urat yang terlalu tinggi dalam darah. Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun saat terjadi gangguan, tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah berlebih. Akibatnya tubuh kesulitan membunag kelebihan asam urat sehingga menumpuk dalam tubuh.

Penumpukan asam urat akan memicu terbentuknya kristal di persendian. Hal inilah yang menyebabkan sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Seringkali disertai rasa nyeri yang aman sangat. Meski kristal terbentuk di persendia, namun terkadang juga muncul di ginjal dan saluran kemih. Jika ini terjadi, asam urat bisa pula menganggu kerja organ ginjal dan memicu penyumbatan salurah kemih.

Itulah sebabnya asam urat tidak bisa dipandang remeh dan harus segera diatasi. Para ahli kesehatan menganjurkan, sebelum menggunakan obat-obatan kimia, penderita asam urat memanfaatkan bahan-bahan alami atau herbal. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan ganguan asam urat, beberapa diantaranya adalah bahan-bahan yang sering kita temui di dapun. Pasalnya bahan-bahan tersebut selama ini kerap digunakan sebagai bumbu untuk memasak.

Dikutip dari akun Instagram dokterislami.jsr, setidaknya terdapat 5 bumbu dapur yang efektif digunakan menjadi obat bagi penyakit asam urat. Pertama adalah daun salam. Daun beroma khas yang mampu menyedapkan makanan ini sangat baik digunakan sebagai obat asam urat. Manfaat tersebut tak lepas dari banyaknya kandungan nutrisi dalam daun salam, seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol dan serat. Daun salam juga mengandung folat, naicin, pyridoxine, riboflavin, kalsium, potasium, magnesium, zat besi, sodium, fosfor, dan zinc. Sedangkan vitamin yang terkandung dalam daun salam adalah vitamin A dan C.

Untuk mendapat manfaat daun salam caranya dengan merebus 10-25 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

Bahan kedua adalah daun seledri. Daun yang sering dijadikan berbagai menu masakan ini diketahui kaya akan berbagai zat bermanfaat, seperti apigen, phthalides, matinol, dan apiin yang bersifat diuretic. Fungsi ini menyebabkan seledri mampu mengeluarkan kelebihan garam dan cairan dari dalam tubuh yang berisiko memicu asam urat.

Untuk mendapatkan manfaat seledri, caranya sediakan 60 gram seledri, daun dan batangnya. Cuci dengan air sampai benar-benar bersih. Rebus dengan 200 cc air, biarkan hingga tersisa setengahnya atau 100 cc. Minum air rebusan tersebut 2 kali sepekan. Lakukan secara rutin hingga asam urat yang diderita menjadi reda.

Selanjutnya bahan yang bisa digunakan mengobati asam urat adalah jeruk nipis. Buah yang sering dijadikan minuman segar ini diketahui mengandung berbagai nutrisi yang berguna untuk tubuh, seperti flavonoid, magnesium, kalium dan vitamin C. Jeruk nipis juga memiliki kandungan asam sitrat yang mampu melarutkan asam urat dan mengeluarkannya melalui air seni.

Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis guna mengobati asam urat, caranya dengan mengolahnya menjadi infused water. Cuci bersih sekitar 60 gram jeruk nipis lalu potong kecil-kecil. Masukkan dalam 500 mililiter air matang dan simpan dalam botol tertutup selama 4-5 jam. Selanjutnya minum infused water tersebut dan habiskan dalam waktu sehari.

Bumbu dapur keempat yang berguna mengobati asam urat adalah kayu manis. Rempah yang kerap digunakan membuat beraneka menu makanan ini diketahui mengandung senyawa tanin dan flavonoid. Kedua senyawa tersebut mampu mengurangi bahkan menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan kayu manis mampu mengurangi gejala asam urat seperti nyeri di persendian.

Untuk mendapatkan manfaat kayu manis, sediakan beberapa bahan, yakni kayu manis sebesar ibu jari orang dewasa, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 10 butir merica, dan 15 gram jahe merah.  Rebus semua bahan-bahan tersebut dengan 1.500 mililiter air dan biarkan hingga tersisa 500 mililiter saja. Setelah mendidih, angkat dan saring. Tambahkan madu untuk menambah rasa. Minum secara rutin sampai nyeri akibat asam urat reda.

Bumbu dapur kelima yang bermanfaat sebagai obat asam urat adalah bawang putih. Bumbu dapur ini diketahui kaya akan kandungan antioksidan yang mampu mengontrol produksi purin dalam tubuh. Purin adalah zat yang memicu asam urat. Itulah sebabnya bawang putih dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat. Caranya cukup dengan memakan 3 siung bawang putih mentah setiap hari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF