14 November, Hari Diabetes Sedunia
berita
Sumber Foto : unihealth.com (gie/watyutink.com)
14 November 2018 16:15
Diabetes Mellitus adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Sayangnya penyakit  yang juga dikenal dengan sebutan Kencing Manis  ini jarang disadari sebagian besar masyarakat. Saat ini jumlah penderita diabetes melitus di Indonesia sekitar 10 juta jiwa. Terbanyak ke tujuh diseluruh dunia.

Tahukah Anda, 14 November telah ditetapkan World Health Organization (WHO) sebagai hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day (WDD).

Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.  Padahal insulin adalah hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh yang berakibat tubuh kelebihan gula darah.

Beragam penyakit bisa muncul akibat kelebihan gula darah. Beberpa organ tubuh bisa rusak akibat diabetes mellitus, seperti jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf. Itulah sebabnya diabetes mellitus dijuluki sebagai ‘ibu segala penyakit’.

Para ahli kesehatan menyakini gaya hidup adalah pemicu seseorang terkena diabetes mellitus, disamping juga faktor keturunan. Oleh karena itu salah satu cara agar terhindar dari penyakit mematikan ini adalah pola hidup sehat, menjaga pola makan, rajin berolah raga dan hindari merokok.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Jerry Massie, Dr., M.A., Ph.D.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies

FOLLOW US

Temuan TPF Novel Tidak Fokus             Bentuk TGPF Independen untuk Kasus Novel Baswedan             Pilah Skema Untuk Proyek Strategis             Risiko Penyertaan Equity Proyek Macet             Diskresi Kepolisian Bermasalah?             Penanganan Tak Sesuai Perkap             Polisi Tidak Dikondisikan Menjadi Arogan             Kita Tidak Dapat Menduga Kondisi Mental Polisi saat Menembak             MPLS Harus Diselenggarakan Sesuai Pedoman             Pendidikan Swasta Semi Militer Harus Ditertibkan