14 November, Hari Diabetes Sedunia
berita
Sumber Foto : unihealth.com (gie/watyutink.com)
14 November 2019 17:00
Diabetes Mellitus adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti. Sayangnya penyakit  yang juga dikenal dengan sebutan Kencing Manis  ini jarang disadari sebagian besar masyarakat. Saat ini jumlah penderita diabetes melitus di Indonesia sekitar 10 juta jiwa. Terbanyak ke tujuh diseluruh dunia.

Tahukah Anda, 14 November telah ditetapkan World Health Organization (WHO) sebagai hari Diabetes Sedunia atau World Diabetes Day (WDD).

Diabetes merupakan penyakit kronis yang disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.  Padahal insulin adalah hormon yang mengatur gula darah dalam tubuh yang berakibat tubuh kelebihan gula darah.

Beragam penyakit bisa muncul akibat kelebihan gula darah. Beberpa organ tubuh bisa rusak akibat diabetes mellitus, seperti jantung, ginjal, mata, pembuluh darah, dan sistem saraf. Itulah sebabnya diabetes mellitus dijuluki sebagai ‘ibu segala penyakit’.

Para ahli kesehatan menyakini gaya hidup adalah pemicu seseorang terkena diabetes mellitus, disamping juga faktor keturunan. Oleh karena itu salah satu cara agar terhindar dari penyakit mematikan ini adalah pola hidup sehat, menjaga pola makan, rajin berolah raga dan hindari merokok.

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir