BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Warga NU Sudah Cerdas Dalam Memilih

Jawa Timur (Jatim) itu bisa dibilang daerah unik bagi Nahdlatul Ulama (NU), karena hampir setiap gang/kampung disana terdapat warga NU. Dalam konteks Pilkada juga unik jika dilihat dengan perspektif NU, karena siapapun yang kalah, pemenangnya pasti kader NU.

Terkait dengan viralnya fatwa "wajib memilih pasangan Khofifah-Emil" sungguh diragukan kebenarannya, rasanya nyaris tidak mungkin ulama-ulama di Jatim yang NU sampai mengeluarkan fatwa seperti itu dalam memberikan dukungan kepada cagub. Warga NU khususnya sudah sangat melek soal politik (baca: cerdas).

Orang yang memimilih pasangan Khofifah-Emil, bisa dipastikan bukan karena fatwa tersebut, pun demikian yang memilih pasangan Saifullah-Puti juga bukan dampak negatif dari fatwa tersebut (jika benar adanya). Jika fatwa itu benar keberadaannya, warga Jatim tetap akan memilih calon gubernurnya didasarkan pada "rasa simpatik dan cinta" kepada pilihannya, bukan karena fatwa. (mry)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Niko Adrian

Advokat, Dosen Hukum Tata Negara FH-UKI

FOLLOW US

Demi Suharto Pemerintah dan Oposisi Bersatu             Petahana Demisioner vs Penantang Bulldozer             Dikhotomi Orde Baru dan Reformasi : Masih Relevankah?              Turn Back Orba             Percakapan Dari Orang ke Sistem             Orde Baru Politik Sesaat dan Tantangan Menuntaskan Reformasi             Pertarungan Idiologi             Bangkit Orde Para Bandit             Pendekatan Dialogue dalam Penyesuaian Konflik Papua Lebih Efektif, Ketimbang Operasi Militer             Dukungan Bagi Bank Syariah Harus Konsisten-Konsekwen