BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Warga NU Sudah Cerdas Dalam Memilih

Jawa Timur (Jatim) itu bisa dibilang daerah unik bagi Nahdlatul Ulama (NU), karena hampir setiap gang/kampung disana terdapat warga NU. Dalam konteks Pilkada juga unik jika dilihat dengan perspektif NU, karena siapapun yang kalah, pemenangnya pasti kader NU.

Terkait dengan viralnya fatwa "wajib memilih pasangan Khofifah-Emil" sungguh diragukan kebenarannya, rasanya nyaris tidak mungkin ulama-ulama di Jatim yang NU sampai mengeluarkan fatwa seperti itu dalam memberikan dukungan kepada cagub. Warga NU khususnya sudah sangat melek soal politik (baca: cerdas).

Orang yang memimilih pasangan Khofifah-Emil, bisa dipastikan bukan karena fatwa tersebut, pun demikian yang memilih pasangan Saifullah-Puti juga bukan dampak negatif dari fatwa tersebut (jika benar adanya). Jika fatwa itu benar keberadaannya, warga Jatim tetap akan memilih calon gubernurnya didasarkan pada "rasa simpatik dan cinta" kepada pilihannya, bukan karena fatwa. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

FOLLOW US

Upaya Perampokan Aset Negara di BUMN Geo Dipa Energi (Bagian-1)             Upaya Perampokan Aset Negara di BUMN Geo Dipa Energi (Bagian-2)             Rupiah Terpuruk di Atas Struktur Ekonomi Tak Sehat (1)             Selesaikan PR Rantai Ekspor, Ekonomi Biaya Tinggi (2)             Kuncinya Pada Penyediaan Infrastruktur Dasar             Maksimalkan Desentralisasi, Tak Perlu Asimetris             Otsus, Antara Bencana Atau Solusi             Otonomi Daerah Jangan Setengah-Setengah             Bereskan Dulu Masalah Penggunaan Dana Desa, Baru Bicara Dana Kelurahan             Oknum ASN Harus Berhenti Memposisikan Diri Seolah Pemilik Instansi