BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Warga NU Sudah Cerdas Dalam Memilih

Jawa Timur (Jatim) itu bisa dibilang daerah unik bagi Nahdlatul Ulama (NU), karena hampir setiap gang/kampung disana terdapat warga NU. Dalam konteks Pilkada juga unik jika dilihat dengan perspektif NU, karena siapapun yang kalah, pemenangnya pasti kader NU.

Terkait dengan viralnya fatwa "wajib memilih pasangan Khofifah-Emil" sungguh diragukan kebenarannya, rasanya nyaris tidak mungkin ulama-ulama di Jatim yang NU sampai mengeluarkan fatwa seperti itu dalam memberikan dukungan kepada cagub. Warga NU khususnya sudah sangat melek soal politik (baca: cerdas).

Orang yang memimilih pasangan Khofifah-Emil, bisa dipastikan bukan karena fatwa tersebut, pun demikian yang memilih pasangan Saifullah-Puti juga bukan dampak negatif dari fatwa tersebut (jika benar adanya). Jika fatwa itu benar keberadaannya, warga Jatim tetap akan memilih calon gubernurnya didasarkan pada "rasa simpatik dan cinta" kepada pilihannya, bukan karena fatwa. (mry)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Tabrani Yunis

Pengelola majalah POTRET dan Majalah Anak Cerdas. Direktur Center for Community Development and Education (CCDE) Banda Aceh

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

Melibatkan Institusi Polri dalam Politik Birokrasi Sangat Berbahaya             IPW Tak Yakin Syafruddin Bisa Selesaikan Masalah Birokrasi Di Indonesia             Susahnya Wujudkan Birokrasi yang Profesional dan Netral             Implementasi Ekonomi Kerakyatan, Berharap Kepada BPIP             Mencari Solusi Mengatasi Pelemahan Rupiah (Bagian-1)             Mencari Solusi Mengatasi Pelemahan Rupiah (Bagian-2)             Menanti Efektivitas Pengetatan Moneter BI (Bagian-1)             Menanti Efektivitas Pengetatan Moneter BI (Bagian-2)             Jadikan Asian Games 2018 Titik Awal Merubah Kebiasaan Buruk             Pendidikan Budi Pekerti Sangat Penting!