BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Warga NU Sudah Cerdas Dalam Memilih

Jawa Timur (Jatim) itu bisa dibilang daerah unik bagi Nahdlatul Ulama (NU), karena hampir setiap gang/kampung disana terdapat warga NU. Dalam konteks Pilkada juga unik jika dilihat dengan perspektif NU, karena siapapun yang kalah, pemenangnya pasti kader NU.

Terkait dengan viralnya fatwa "wajib memilih pasangan Khofifah-Emil" sungguh diragukan kebenarannya, rasanya nyaris tidak mungkin ulama-ulama di Jatim yang NU sampai mengeluarkan fatwa seperti itu dalam memberikan dukungan kepada cagub. Warga NU khususnya sudah sangat melek soal politik (baca: cerdas).

Orang yang memimilih pasangan Khofifah-Emil, bisa dipastikan bukan karena fatwa tersebut, pun demikian yang memilih pasangan Saifullah-Puti juga bukan dampak negatif dari fatwa tersebut (jika benar adanya). Jika fatwa itu benar keberadaannya, warga Jatim tetap akan memilih calon gubernurnya didasarkan pada "rasa simpatik dan cinta" kepada pilihannya, bukan karena fatwa. (mry)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Enny Sri Hartati, Dr.

Direktur Institute for Development of Economics & Finance (INDEF)

FOLLOW US

Gelombang Spekulasi Politik             Demokrasi Tanpa Jiwa Demokrat             Rekonsiliasi Sulit Terjadi Sebelum 22 Mei             Industri Manufaktur Memperkokoh Internal Perekonomian             Dibutuhkan Political Will, Bukan Regulasi             Kasus Makar Bernuansa Politis             Pasal Makar Ancam Demokrasi             PMDN Ada Peluang, Tetapi Konsumsi Melambat             Dari Sistem Pemilu Hingga Politik Uang             Perlu Perubahan Revolusioner