BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia
Upayakan Menciptakan Kemandirian Ekonomi Pedesaan

Program-program Jokowi beberapa sudah menyentuh pada masyarakat menengah ke bawah, dan terobosan yang paling kentara adalah program dana desa. Walaupun ada kekurangan di sana sini dalam implementasinya, konsep program dana desa sangat bagus untuk mengatasi kemiskinan yang banyak terpusat di pedesaan dan mengatasi kesenjangan desa kota serta mengerem laju urbanisasi. Hanya saja pelaksanaan program ini perlu terus diperbaiki untuk meningkatkan efektivitasnya dalam menciptakan pusat-pusat ekonomi baru di pedesaan.

Hal lain dari program pemerataan dan pengentasan kemiskinan dari petahana (Jokowi) terutama dalam setahun terakhir adalah peningkatan social spending seperti bantuan sosial dan subsidi. Sayangnya ini baru dilakukan di periode terakhir jabatan, tidak terprogram sejak awal.

Kelemahan pengentasan kemiskinan dengan cara ini bersifat temporer (tidak permanen) karena menciptakan ketergantungan orang miskin terhadap bantuan finansial dari pemerintah. Sementara yang bersifat lebih permanen, yakni ekonomi masyarakat kecil belum banyak diberdayakan, khususnya penciptaan lapangan kerja yang berkualitas bagi golongan menengah bawah. Lapangan kerja yang tercipta dalam 4 tahun terakhir masih di sektor informal, di sektor formal stagnan bahkan cenderung berkurang. (pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF