BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Sekjen Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (IKOHI)
Ungkap Rusuh 21-22 Mei Secara Terang dan Adil

Tim investigasi yang dilakukan oleh Polri perlu melibatkan para tokoh independen yang kompeten. Polri juga akan menggandeng Komnas HAM untuk mendapatkan kepercayaan dan kepuasan publik, tim investigasi yang dilakukan Polri haruslah semacam tim gabungan pencari fakta (TGPF). Latar belakang dan motif peristiwa kerusuhan 21-22 Mei juga telah mulai terungkap melibatkan aktor-aktor politik dan kepentingan yang membayakan demokrasi.

Hal itu terkait juga dengan adanya dugaan  motif dari pelaku kerusuhan dalam momentum masa penetapan hasil Pilpres 2019. Yang patut menjadi perhatian juga adalah karena peristiwa tersebut menimbulkan korban jiwa.

Walaupun pihak polri membantah para korban meninggal dari senjata mereka, justru karena alasan itulah tim investigasi yang kredibel perlu dibentuk untuk mengungkap seterang-terangya kejadian tersebut. Tentu investigasi yang dilakukan harus transparan dalam proses dan pengungkapan hasilnya.

Melihat perkembangan dari kasus kerusuhan 21-22 Mei, merupakan ujian bagi demokrasi di Indonesia. Pertama, pihak yang kalah menggunakan cara kekerasan dalam menolak hasil pemilu. Kedua, jika terbukti benar ada upaya pembunuhan politik, saya khawatir akan menjadi tradisi berikutnya sebagaimana yang terjadi di negara-negara Asia Selatan.

Jadi, tugas Polri dan Komnas HAM untuk mengungkap kerusuhan tersebut secara terang dan adil agar proses demokrasi yang baik di Indonesia tidak dicederai oleh para politikus yang merusak demokrasi itu sendiri. (mry)

SHARE ON
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Lana Soelistianingsih, Dr., S.E., M.A.

Ekonom Universitas Indonesia, Kepala Riset/ Ekonom Samuel Aset Manajemen

Mohammad Faisal

Direktur Centre of Reform on Economic (CORE) Indonesia

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

FOLLOW US

Perkuat Investasi, Industri dan Ikatan Kewilayahan di ASEAN             Perubahan Nomenklatur Tak Efektif dalam Jangka Pendek             Ketergantungan pada Komoditas Dikurangi, Perbanyak Industri Olahan Berbasis Komoditas             Setia Ekspor Komoditas Alam, atau Diversifikasi Ekspor?             Perlu, Optimalisasi Non Tariff Measure (NTM)             Kebijakan NTM akan Bermanfaat, Selama Tidak Berlebihan.             Sesuaikan pilihan jenis NTM dengan karakteristik produk impor             Kebijakan Mandek Terganjal Implementasi, Koordinasi, Eksekusi               Pemerintah Sibuk Urusi Poliitk             Tinjau Kembali Struktur Industri Nasional