BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Presedium PRIMA (Perkumpulan Masyarakat Madani)
Umumkan Semua Penguasa Lahan di Indonesia

Terkait cita-cita memperbaiki struktur penguasaan lahan di Indonesia, maka :

Pertama, Presiden hendaknya mengumumkan semua penguasa lahan yang memiliki lahan ratusan hingga jutaan hektar. Baik yang dimiliki oleh asing, para jenderal pendukung Jokowi maupun oleh pribumi lainnya. Pengumuman ini penting agar rakyat mengetahui siapa-siapa saja "raja" lahan di Indonesia.

Kedua, Selanjutnya, Presiden menyiapkan program land reform dari lahan-lahan tersebut. Tidak tepat jika bagi-bagi tanah kepada rakyat diambil dari hutan sosial. Cara tersebut bisa menghilangkan fungsi hutan sebagai paru-paru bumi. Pembagian tanah harusnya diambil dari para taipan yang mengusai lahan hingga jutaan hektar.

Ketiga, Jika Presiden Jokowi hanya takut kepada Allah, maka seharusnya segera mengumumkan seluruh pemilik lahan yang super luas tersebut, termasuk lahan reklamasi Jakarta yang telah diterbitkan sertifikatnya oleh BPN. Jika Jokowi tidak juga mengumumkan bisa diduga Jokowi takut kepada aseng/asing/para jenderal di sekelilingnya.(pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Dadang Trisasongko

Direktur Eksekutif Tranparency Internasional (TI) Indonesia

FOLLOW US

Rekonsiliasi Politik di Level Elit Diharapkan Terjadi di Level Sosial.              Tak Ada yang Salah dengan Pertemuan Jokowi Prabowo             Perhatikan Lag antara Demand Side dan Regulasi dari Sisi Supply Side             Tantangan yang Harus Dihadapi Masih Besar             Kemiskinan Makin Sedikit, Sulit Dikurangi             Bansos Tak Efektif Kurangi Kemiskinan             UNHCR Harus Keluar             Pembangunan Negara Hukum Harus Jadi Agenda Prioritas             ‘Visi Indonesia’ Tidak Prioritaskan Pembangunan Hukum dan HAM             Perlu Pertimbangan Agar yang Dikurung Memang Pantas Dikurung