BACK TO TOPIC
OPINI PENALAR
Ketua Presedium PRIMA (Perkumpulan Masyarakat Madani)
Umumkan Semua Penguasa Lahan di Indonesia

Terkait cita-cita memperbaiki struktur penguasaan lahan di Indonesia, maka :

Pertama, Presiden hendaknya mengumumkan semua penguasa lahan yang memiliki lahan ratusan hingga jutaan hektar. Baik yang dimiliki oleh asing, para jenderal pendukung Jokowi maupun oleh pribumi lainnya. Pengumuman ini penting agar rakyat mengetahui siapa-siapa saja "raja" lahan di Indonesia.

Kedua, Selanjutnya, Presiden menyiapkan program land reform dari lahan-lahan tersebut. Tidak tepat jika bagi-bagi tanah kepada rakyat diambil dari hutan sosial. Cara tersebut bisa menghilangkan fungsi hutan sebagai paru-paru bumi. Pembagian tanah harusnya diambil dari para taipan yang mengusai lahan hingga jutaan hektar.

Ketiga, Jika Presiden Jokowi hanya takut kepada Allah, maka seharusnya segera mengumumkan seluruh pemilik lahan yang super luas tersebut, termasuk lahan reklamasi Jakarta yang telah diterbitkan sertifikatnya oleh BPN. Jika Jokowi tidak juga mengumumkan bisa diduga Jokowi takut kepada aseng/asing/para jenderal di sekelilingnya.(pso)

SHARE ON
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Robin, S.Pi., M.Si.

Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kandidat Doktor IPB, Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik